Cara Menggabungkan Video Menjadi Satu (MP4, MKV, AVI, FLV dan Format Lainnya)

Punya beberapa video yang ingin digabungkan menjadi satu? Biasanya saya menggunakan Avidemux yang bisa dengan cepat memotong dan menyatukan video, tapi karena aplikasi tersebut tidak bisa menggabungkan video-video tertentu (misalnya dua video yang berbeda resolusi), disini saya sertakan juga aplikasi lainnya yang sama gratisnya.

Format video yang akan digunakan dalam panduan ini adalah MP4 dan penggabungan dilakukan di sistem operasi Windows. Aplikasi yang dipakai adalah Avidemux dan Freemake Video Converter.

Cara Menyatukan Beberapa Video Menjadi Satu


Menggunakan Freemake Video Converter


Selain berfungsi sebagai converter, Freemake juga memiliki fitur untuk menggabungkan video. Keistimewaan dari aplikasi gratis ini yang mungkin membuat kamu tertarik untuk mencobanya adalah jumlah video yang didukungnya, yaitu lebih dari 500 format video. Bahkan Freemake juga bisa digunakan untuk membuat video musik dari foto (baca Cara Mudah Membuat Video dari Foto dengan Musik di Windows.

Untuk menggabungkan video, caranya:

1. Download Freemake Video Converter dari sini (versi offline) atau sini, lalu install.

TIPS: Jika komputer kamu terhubung ke internet, putus dulu koneksinya sebelum instalasi. Pasalnya, Freemake akan berusaha menghubungi server saat instalasi dijalankan untuk menayangkan beberapa iklan software. Daripada salah klik yang akibatnya membuat program lain ikut terinstall, lebih baik koneksi internet dimatikan sementara (tidak perlu mematikan modem, cukup diskonek wifi atau local area connection dari dalam Windows).

2. Setelah instalasi selesai, jalankan aplikasi lalu klik tombol Video untuk memilih dan memasukkan video-video yang ingin digabungkan.



3. Aktifkan fitur penggabung video dengan cara menggeser tombol ke OFF atau mengklik teks OFF sehingga statusnya menjadi ON (lihat gambar pada langkah nomor 2).

4. Pilih format video yang diinginkan. Misalnya, untuk menggabungkan video ke MP4, cari tombol MP4 di bagian bawah aplikasi, lalu klik (lihat gambar pada langkah nomor 2).

5. Biarkan pilihan tetap pada "Same as source" atau pilih preset lainnya. Buat yang paham dengan urusan bitrate dan sebangsanya, bisa mengatur dan membuat preset sendiri.



6. Secara otomatis hasil penggabungan disimpan ke drive C, tepatnya di folder Video, tapi pengguna juga bisa menentukan folder penyimpanannya sendiri dengan mengklik tombol tiga-titik (lihat gambar pada langkah nomor 5).

7. Klik tombol "Convert" untuk memulai penggabungan (lihat gambar pada langkah nomor 5).

Catatan: Penggabungan menggunakan Freemake membutuhkan waktu yang cukup lama karena adanya proses re-encoding.

Menggunakan AVIDEMUX


Jika kamu hendak menggabungkan dua video atau lebih yang kebetulan memiliki properti yang sama (misalnya, resolusinya sama-sama 1920 x 1080), dan berniat untuk menggabungkannya dalam format video yang sama (misalnya dari mp4 ke mp4), disarankan untuk menggunakan Avidemux yang prosesnya jauh lebih cepat.

1. Download Avidemux dari sini (pilih installer atau portabel).

2. Jalankan Avidemux.

3. Tekan kombinasi Ctrl + O, atau klik tombol folder paling kiri atas, untuk memilih dan memasukkan video pertama yang hendak digabungkan.



4. Setelah video pertama dimuat, masukkan video kedua dengan menekan Ctrl + A atau mengklik menu File lalu pilih Append.



5. Setelah video kedua dimuat, masukkan video-video berikutnya dengan cara yang sama seperti langkah 4 di atas.

6. Setelah semua video dimasukkan, pilih format video yang diinginkan.



7. Klik tombol Save atau Ctrl + S untuk memilih folder penyimpanan, beri nama untuk file yang akan dibuat, dan kemudian klik tombol Save.

CATATAN: Jika menemui error saat berusaha menggabungkan video-video tertentu di Avidemux, gunakan Freemake Video Converter untuk memproses video-video tersebut.