4 Cara Download Video di Facebook (PC dan Android)

Bagaimana cara download video di Facebook? Di antara sekian banyak video yang pernah kamu tonton di Facebook, mungkin pernah ada satu atau beberapa video yang ingin kamu unduh agar bisa ditonton lagi sewaktu-waktu tanpa harus online. Untungnya, semua video di Facebook bisa didownload dengan mudah. Bisa tanpa software tambahan, bisa juga dengan menggunakan ekstensi browser atau aplikasi tertentu.

Dalam panduan ini, saya sajikan 4 cara download video dari Facebook melalui PC/Laptop (Firefox dan Google Chrome) dan Android, yaitu dengan klik-kanan dan save, mengubah URL video FB ke versi mobile, menggunakan online downloader, menggunakan FB Video Downloader, dan aplikasi Android untuk mengunduh satu atau beberapa video.

Download Video FB di PC dan Laptop


Klik-Kanan dan Save Video


Setelah saya coba di tiga browser (Vivaldi, Google Chrome dan Firefox), hanya Firefox yang memberikan opsi klik-kanan untuk mengunduh video FB.

Caranya, cari video yang ingin diunduh, lalu klik kanan dan pilih "Save Video As...". Kalau pilihan tersebut belum muncul, coba jalankan dulu videonya selama beberapa detik, lalu klik-kanan lagi.



Mengubah URL Video Facebook ke Versi Mobile


Untuk Google Chrome, kita perlu menyalin URL video, lalu mengubah URL tersebut ke versi mobile untuk dapat menyimpan video.

1. Salin URL post video. Caranya seperti berikut:

Untuk video yang ada di timeline akun Facebook orang lain atau video yang ada di halaman depan Facebook, klik-kanan pada penunjuk waktu, lalu pilih "Copy link address" untuk menyalin URL.



Untuk video yang ada di halaman Video (contohnya seperti ini), klik-kanan pada video atau judulnya, lalu pilih "Copy link address".



2. Buka tab baru, paste URL di address bar, lalu ubah URLnya seperti contoh berikut ini:

URL asli:
https://www.facebook.com/CollectiveEvolutionLifestylePage/videos/1553107601649100/

Rubah menjadi:
https://m.facebook.com/CollectiveEvolutionLifestylePage/videos/1553107601649100/

Intinya, www diganti dengan m.

3. Tekan Enter untuk memuat URL video yang sudah dirubah tersebut.
4. Klik video untuk menjalankannya, lalu klik-kanan pada video dan pilih "Save video as".

Menggunakan online Facebook downloader


Ada banyak situs yang ditujukan untuk mengunduh video dari Facebook. Salah satunya adalah filevid.com. Cara menggunakannya bisa dibaca di bawah ini.

1. Kunjungi filevid.com
2. Paste URL video Facebook ke kolom yang disediakan, lalu klik tombol Download.
3. Klik tombol yang disediakan untuk memulai pengunduhan.

Menggunakan FBDown Video Downloader


FBDown Video Downloader merupakan ekstensi Google Chrome yang dibuat khusus untuk mengunduh video dari Facebook. Ekstensi ini secara otomatis akan mendeteksi video yang ada di Facebook.

1. Download dan install FBDown Video Downloader dari sini
2. Setiap kali kamu menemui video di Facebook, ekstensi akan mendeteksinya secara otomatis dan menampilkan link download video dalam kualitas standar dan HD.



Kalau ternyata ada video yang tidak terdeteksi, coba putar video tersebut terlebih dulu.

Unduh Video FB di Android


Untuk mengunduh satu atau beberapa video sekaligus, coba gunakan aplikasi Android MyVideoDownloader for Facebook.



Sebagai alternatif, aplikasi lain yang bisa kamu gunakan adalah EZ Video Download for Facebook. Aplikasi ini nantinya akan menambahkan tombol download di kanan atas video yang sedang ditonton.

Nah, itulah beberapa cara mudah mengunduh video dari Facebook baik untuk PC/Laptop maupun HP/Tablet Android.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar