Hemat Kuota Dengan Membuka Situs Yang Pernah Dikunjungi Tanpa Koneksi Internet

Salah satu cara menghemat kuota adalah dengan membuka website (yang sudah pernah dikunjungi) tanpa menggunakan koneksi internet.

Setiap data situs yang pernah dibuka tersimpan di cache browser secara otomatis, dan inilah yang kemudian dimanfaatkan untuk mengakses kembali situs-situs tersebut tanpa harus mengorbankan kuota. Bagaimana caranya?

Untuk Mozila Firefox, caranya cukup dengan menekan tombol Alt untuk menampilkan menu bar, kemudian memilih File dan disusul dengan Work Offline:

Alt >> File >> Work Offline

Pembahasan lengkap khusus untuk Firefox bisa disimak di: Hemat Kuota Internet Dengan Mode Offline

Untuk Google Chrome dan Vivaldi, pada saat artikel ini ditulis, fitur ini masih dalam tahap uji coba.

Ketikkan teks di bawah ini pada address bar browser Google Chrome atau Vivaldi:

chrome://flags/#show-saved-copy

Lalu pilih Enable: Primary

Selanjutnya, restart browser--bisa dengan cara tutup dan buka kembali browser atau dengan mengklik tombol RELAUNCH NOW yang terletak di bagian paling bawah.



Setelah mengaktifkan fitur tersebut, saat kita mencoba membuka kembali sebuah halaman situs yang pernah kita buka sebelumnya, inilah yang akan terjadi:
  • Di Firefox, halaman tersebut akan langsung ditampilkan
  • Di Google Chrome dan Vivaldi, akan muncul pesan tertentu yang diiringi tombol Show saved copy. Klik tombol tersebut untuk membuka halaman bersangkutan



Ada satu hal penting yang perlu diingat, yaitu:

Setiap browser memiliki fitur manajemen cachenya masing-masing. Jika browser menjalankan penghapusan cache secara periodik, maka data situs yang dihapus dari cache tidak akan bisa dibuka tanpa koneksi internet.

Karena itulah, khusus untuk halaman-halaman penting, alangkah baiknya jika disimpan dalam bentuk file PDF atau gambar agar bisa dibaca kembali setiap saat secara offline

Buat yang masih belum tahu apa itu cache, bisa dibaca di artikel berikut ini: Apa Itu Browser Cache? Perlukah Browser Cache Dihapus?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar