Cara Merubah Bahasa Mozilla Firefox Terbaru

Semestinya menggunakan Mozilla Firefox dalam bahasa sendiri, yaitu bahasa Indonesia, lebih mudah daripada Mozilla Firefox dalam bahasa Inggris, tapi sayangnya ada beberapa istilah yang janggal. Contohnya seperti istilah "bekerja luring" dan "peramban". Inilah yang menyebabkan saya lebih memilih versi bahasa Inggris. Meskipun demikian, disini saya akan menunjukkan bagaimana cara mengubah bahasa di Mozilla Firefox baik ke bahasa Inggris maupun Indonesia.

Berbeda dengan versi lamanya, opsi penggantian bahasa di Firefox versi terbaru jauh lebih mudah karena semuanya bisa dilakukan langsung melalui halaman Pengaturan dan tidak perlu utak-atik about:config.


-- UPDATE untuk Firefox 66.0.3 --


Firefox versi 66.0.3 adalah versi terbaru saat artikel ini di-update (April 2019).


Mengubah bahasa Firefox dari Inggris ke Indonesia


1. Klik menu Firefox, lalu klik Options.



2. Geser layar ke bawah sampai di bagian Language.



3. Klik English (United States) lalu klik Search for more languages....



4. Klik Select language to add, cari bahasa tujuan, lalu klik bahasa tersebut.



6. Klik tombol Add untuk mengunduh bahasa.



7. Klik Ok setelah download selesai.



8. Klik tombol Terapkan dan Mulai Ulang untuk restart browser.




Mengganti bahasa Firefox dari Indonesia ke Inggris


Caranya sama persis seperti di atas, hanya bahasanya yang berbeda.

1. Klik menu Firefox, pilih Pengaturan.



2. Geser layar ke bawah sampai di bagian Bahasa.



3. Klik pada Indonesia, pilih Cari bahasa lain.



4. Klik Pilih bahasa untuk ditambah..., cari bahasa tujuan, lalu klik bahasa tersebut.



5. Klik Tambah untuk mengunduh bahasa tujuan.




6. Klik Oke setelah download selesai.



7. Klik tombol Terapkan dan Mulai Ulang untuk restart Firefox.




Cara Alternatif Untuk Semua Versi Firefox


Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan install ulang menggunakan installer yang bahasanya sesuai dengan yang diinginkan. Firefox yang sudah ada tidak perlu di-uninstall. Langsung tindih saja.

Buat yang ingin memakai Firefox bahasa Indonesia, Inggris, Rusia, Jepang atau lainnya, langsung saja ke sini. Cari bahasa yang diinginkan, download installernya, install. Bahasa tampilan Firefox akan langsung terganti dengan sendirinya setelah instalasi selesai.


Catatan Untuk Yang Memakai Profil Firefox


Metode di atas hanya untuk mengganti bahasa yang ada di dalam satu profil. Kalau kamu ingin merubah bahasa di semua profil, cara yang paling mudah adalah dengan melakukan install ulang menggunakan installer lokal.

Bahasa untuk profil-profil Firefox biasanya mengikuti bahasa default yang ada di dalam installer. Kalau bahasa bawaannya bahasa Indonesia, maka profil-profil lainnya juga akan berbahasa Indonesia.

Download installer Firefox dalam bahasa yang diinginkan dari sini, lalu install seperti biasanya. Firefox yang sudah ada tidak perlu di-uninstall. Langsung tindih saja.

Setelah selesai, bahasa Firefox di semua profil seharusnya sudah berubah secara otomatis ketika browser dijalankan. Tapi ingat ya, semua cookie yang ada akan terhapus.


Prioritas Bahasa Untuk Halaman Website Multi-Language


Pengaturan bahasa di bawah ini bukan untuk mengganti bahasa interface (tampilan antarmuka) Firefox.



Fungsi dari opsi tersebut adalah untuk mengubah prioritas bahasa yang ditampilkan pada website yang mengandung lebih dari satu bahasa (multibahasa).

Misalkan saja kita menambahkan bahasa Indonesia dan menempatkannya di posisi pertama pada daftar bahasa di atas, lalu mengunjungi website yang menyediakan beberapa bahasa dan salah satunya adalah Indonesia. Maka bahasa Indonesia itulah yang akan ditampilkan.

5 komentar: