Cara Memasukkan Foto ke Google Photos

Google Photos adalah salah satu layanan gratis dari Google yang rasanya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Dengan memasukkan foto ke Google Photos, anda bisa memiliki backup foto-foto yang berharga sehingga tidak perlu lagi takut kehilangan.

Selain itu, Google Photos juga bisa dimanfaatkan untuk menghemat kapasitas penyimpanan di laptop atau HP dengan cara memindahkan sebagian foto. Misalnya anda punya foto yang tidak terlalu bagus tapi tetap ingin menyimpannya. Nah, pindahkan saja foto-foto itu ke Google. Setelah semuanya diupload, hapus foto-foto yang ada di HP atau laptop kecuali yang dibackup.

Berapa banyak foto yang bisa diupload ke Google Photos? Tergantung dari pilihan anda. Mau yang unlimited atau yang hanya 17 GB? Dua-duanya sama gratisnya.

Untuk memasukkan foto ke Google Photos, yang wajib anda miliki adalah akun Google. Jadi jika anda belum punya, buatlah akun baru terlebih dulu. Yang sudah punya akun bisa langsung login untuk menggunakan layanan tersebut.

Setelah login ke https://photos.google.com/, lihat ke bagian atas halaman. Disitu ada gambar sebuah panah dalam awan kecil. Itulah icon untuk mengupload foto dan video. Saat melihat icon mungil tersebut, saya sempat terfikir kenapa Google tidak membuat icon upload yang lebih jelas? Bagi mereka yang sering browsing ke berbagai penjuru, mungkin icon tersebut sudah tidak asing lagi. Tapi bagi yang jarang browsing atau yang aktivitas browsingnya cuma ke tempat-tempat tertentu saja, saya rasa icon tersebut kurang begitu jelas, atau istilah kerennya, kurang representatif.



Klik icon tersebut, lalu pilih semua foto yang ingin diupload, dan klik tombol Open. Selanjutnya, tunggu hingga proses upload selesai.

Setelah foto diupload, anda bisa memilih untuk memasukkan foto tersebut dalam sebuah album atau membiarkan Google bekerja secara otomatis mengelompokkan tiap foto berdasarkan informasi tanggal yang terkandung di dalam setiap foto.

Itulah cara memasukkan foto ke Google Photos. Untuk selanjutnya mungkin anda akan tertarik untuk mengetahui cara membuat animasi GIF dari foto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar