Butuh Kapasitas Penyimpanan Unlimited Untuk Foto & Video? Upload ke Google Photos

Di internet, ada banyak layanan online storage yang bisa dipilih. Masing-masing berusaha memberikan fasilitas terbaik agar dapat meraih jumlah pengguna sebanyak mungkin. Salah satunya adalah Google Photos. Tidak tanggung-tanggung, layanan gratis dari Google ini menawarkan kapasitas penyimpanan tanpa batas untuk foto dan video.

Di Google Photos, tersedia dua opsi kapasitas penyimpanan. Yang pertama adalah 17 GB, sedangkan yang kedua adalah Unlimited. Pilihan pertama ditujukan untuk anda yang ingin menjaga kualitas foto tetap seperti aslinya setelah diupload, sedangkan pilihan kedua lebih cocok untuk anda yang gemar foto-foto selfie atau sekedar jeprat-jepret dengan kamera yang memiliki resolusi hingga 16 MP.

Dari informasi yang saya peroleh dari halaman support Google, disebutkan bahwa untuk foto yang memiliki resolusi lebih tinggi dari 16 MP akan dikurangi kualitasnya ke 16 MP jika anda memilih Unlimited.

Sedangkan untuk video, jika berukuran lebih dari 1080p, maka video tersebut akan dikurangi menjadi 1080p yang berdefinisi tinggi.

Dari hasil percobaan singkat dengan memilih opsi Unlimited dan mengupload beberapa foto beresolusi rendah yang kemudian saya download, semua foto tersebut nampaknya tetap melalui proses optimasi sekalipun resolusinya tidak mencapai 16 MP. Namun demikian, kualitas foto hasil download tersebut terlihat sama seperti versi originalnya.



Bagi yang tertarik untuk mencoba, anda bisa mengunjungi layanan tersebut di https://photos.google.com. Aplikasi Google Plus untuk Android dan iOS juga tersedia.

Oh ya, opsi Unlimited dapat diaktifkan melalui halaman Settings Google Plus. Klik menu hamburger (icon tiga baris mendatar di pojok kiri atas) lalu pilih Settings.

Untuk selanjutnya anda bisa membaca Cara Memasukkan Foto ke Google Photos.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar