Cara Mengubah Format Video ke Berbagai Format Video Lainnya

Ada begitu banyak format video seperti 3gp, avi, mkv, mp4, flv, dan lain-lain. Sayangnya, sejumlah format video hanya bisa diputar di media-media tertentu. Misalnya, video yang bisa ditonton di PC atau Laptop belum tentu bisa diputar di HP. Disinilah peran video converter untuk mengubah format video dari satu format ke format lainnya terasa sangat membantu.

Dengan video converter, video yang tadinya hanya bisa diputar di perangkat multimedia tertentu bisa diubah formatnya sehingga bisa dimainkan di perangkat lainnya. Misalnya dari FLV ke 3GP, dari AVI ke MP4, dan seterusnya.

Sama halnya seperti format video, ada berbagai aplikasi video converter mulai dari yang berbayar hingga gratisan yang dapat didownload dari internet. Salah satu converter gratisan yang pernah di bahas di Kafesia adalah Freemake Video Converter.

Sekedar catatan, selain dapat mengubah format video, Freemake juga dapat merubah format audio dan foto. Secara total ada lebih dari 300 format yang didukung oleh aplikasi ini.

Cara Mengubah Format Video ke Format Lainnya


1. Bagi yang belum punya Freemake Video Converter, silahkan download dari sini terlebih dulu. Setelah itu, install dan jalankan aplikasi tersebut.

2. Klik tombol Video.


3. Pilih video yang hendak dirubah formatnya dan klik Open untuk memasukkan video tersebut ke dalam aplikasi. Kalau akan merubah format beberapa video sekaligus, pilihlah video dengan cara menekan Ctrl + klik pada video, lalu klik Open.


4. Tahap berikutnya adalah memilih format video. Dalam contoh ini, anggaplah kita hendak mengubah format video agar bisa diputar di hp android. Klik tombol Android di bawah lalu pilih preset resolusi video (lebar x tinggi) yang sesuai dengan HP Android masing-masing. Kalau resolusi Android yang dicari ternyata tidak ada di dalam daftar preset tersebut, kita bisa membuatnya sendiri melalui pilihan "Add your preset...".


5. Pada tahap ini kita bisa mengatur beberapa hal sebelum mengkonversi video, diantaranya yaitu mengatur kualitas video dan audio dengan mengklik tombol bergerigi (1) dan mengubah lokasi penyimpanan video hasil konversi (2). Setelah selesai dengan pengaturan, klik tombol Convert untuk memulai konversi video.


6. Tunggu proses konversi berjalan sampai muncul pemberitahuan bahwa konversi sudah selesai dilakukan.

Demikianlah cara mudah convert video ke format lain dengan menggunakan Freemake Video Converter. Semoga membantu.

5 komentar: