Cara Crop Gambar/Foto Paling Cepat Dengan Automatic Crop

Jika anda seorang pengguna Instagram atau sering menjelajahi foto-foto instagram, anda mungkin pernah menemukan sejumlah foto instagram yang tidak "full" (bagian tepi didominasi warna putih atau hitam).

Kalau saya menemukan foto seperti itu, biasanya tangan saya pasti gatal ingin memotong foto tersebut untuk membuang bagian-bagian tepi tersebut. Selain agar lebih enak dilihat, dengan memotongnya maka size foto tersebut akan menjadi lebih kecil. Tidak perlu kuatir dengan kualitasnya setelah dipotong karena pasti akan tetap terjaga.

Hampir setiap aplikasi pengolah foto biasanya dilengkapi dengan tool pemotong, tapi ada satu aplikasi yang bisa memotong foto-foto instagram seperti di atas dengan cepat, yaitu Photo Filtre 7.

Photo Filtre 7 adalah aplikasi gratisan yang dirancang untuk Windows. Dengan fitur Automatic Crop yang dimilikinya, aplikasi ini dapat membuang bagian-bagian yang tidak diperlukan dalam sebuah gambar hanya dengan satu kali klik.


Cara Crop Foto dengan Automatic Crop

  1. Untuk memulai, download Photo Filtre terlebih dulu.
  2. Ekstrak file zip yang baru saja anda download dan jalankan aplikasi Photo Filtre.
  3. Klik tombol Open yang terletak di bagian kiri atas atau tekan Ctrl + O
  4. Pilih foto yang hendak dipotong, lalu klik tombol Open untuk memasukkan foto ke dalam aplikasi
  5. Klik menu Image yang disusul dengan memilih Automatic crop untuk membuang bagian pinggir foto tersebut.
  6. Klik menu File lalu pilih Save (jika ingin mengganti foto yang asli dengan foto hasil editan) atau pilih Save as (jika ingin menyimpan foto hasil editan sebagai file baru). Untuk contoh ini, saya memilih Save as.
  7. Beri nama baru untuk file foto hasil editan lalu klik tombol Save.
  8. Tentukan kualitas JPG sesuai selera. Makin ke kanan makin bagus kualitasnya namun semakin besar pula ukuran filenya. Untuk opsi lainnya, anda bisa mempertimbangkan untuk memilih Progressive dan menghilangkan tanda centang pada bagian "Preserve EXIF/IPTC data" untuk mengkompres ukuran foto sekecil mungkin tanpa merusak kualitasnya. Kemudian klik Ok untuk menyimpan foto tersebut.

Berikut adalah hasil cropping dari contoh di atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar