Paket Internet Indosat 2GB, 3.5GB, 7.5GB, 9.5GB VS 3GB Tanpa Syarat, Pilih Mana?

Alasan saya memilih paket internet Indosat awalnya sederhana saja, yaitu karena saya sudah menggunakan kartu Indosat selama kurang lebih 4 tahunan. Dan ternyata ketika saya mencoba paket internet unlimited mingguan dengan kuota FUP 200MB (yang dibandrol Rp. 25.000), kecepatan koneksinya untuk daerah saya cukup bagus. Karena itulah begitu kuotanya sudah habis, saya segera mencari informasi lebih lengkap seputar paket internet Indosat.

Catatan: Paket Super Internet 11 GB Rp. 49.000 sudah tidak tersedia lagi dari Indosat.

Untuk informasi terbaru, silahkan baca Harga Paket Internet Indosat Terbaru Februari 2016

Disini saya akan membandingkan sejumlah paket bulanan Indosat, yaitu paket Unlimited Bulanan 2GB seharga Rp. 100.000, paket Super Internet 3.5 GB (harga Rp.49.900), Super Internet 7.5 GB (harga Rp. 79.900), Super Internet 9.5 GB, Super Internet 20.5 GB (harga Rp. 199.900) dan kartu Indosat 3GB.

Baca Juga: Cara Menghemat Kuota Internet di Laptop dan PC

Paket Unlimited Bulanan dengan Kuota FUP Sebesar 2GB

FUP: Batas pemakaian wajar.

Kelebihan:
  • Begitu jatah 2GB habis, kita masih bisa ber-internet tanpa kena biaya tambahan selama masa berlaku paket tersebut belum habis.

Kekurangan:
  • Paling mahal, yaitu Rp. 100.000 untuk 2GB
  • Kecepatan koneksi turun drastis setelah kuota FUP 2GB ini habis (dari kecepatan hingga 42 Mbps turun menjadi maksimal 16 Kbps)

Paket Internet Indosat Bulanan dengan Kuota 3.5GB

Ada satu hal yang wajib diketahui disini. Ketika anda memilih paket Super Internet, kuota yang anda dapatkan sebenarnya terbagi-bagi dalam beberapa segmen.

Untuk paket 3.5GB, kuotanya terbagi menjadi kuota utama sebesar 1GB + 500MB pada jam 01:00 - 06:00 + 500MB pada jam 09:00 - 17:00 + super wifi 1.5GB

Kelebihan: Lebih murah, yaitu Rp. 49.900.

Kekurangan: Anda harus melakukan perpanjangan paket setelah kuotanya habis. Berbeda halnya dengan paket unlimited di atas yang bisa terus digunakan sekalipun kuotanya sudah lewat.

Paket Internet Bulanan Kuota 7.5GB

Harga: Rp. 79.900

Rincian kuota: kuota utama sebesar 2.5GB + 1.5GB pada pukul 01:00 - 06:00 + 500MB pada pukul 09:00 - 17:00 + super wifi 3GB

Paket Internet Bulanan Kuota 9.5GB

Harga: Rp. 99.900

Rincian kuota: Kuota utama 3.5GB + kuota 2.5GB pada pukul 01:00 - 06:00 + kuota 500MB pada pukul 09:00 - 17:00 + super wifi 3GB

Paket Internet Bulanan Kuota 20.5GB

Untuk saat ini, paket inilah yang paling besar dari seluruh paket Super Internet.

Harga: Rp. 199.900

Rincian kuota: kuota utama sebesar 8.5GB + 4GB pada pukul 01:00 - 06:00 + 1GB pada pukul 09:00 - 17:00 + super wifi 7GB

Kartu Perdana Indosat 3GB Tanpa Syarat

Harga: Rp. 69.000

Kelebihan:
  • Tidak terikat waktu. Seluruh kuotanya bisa dipakai kapanpun tanpa harus menunggu jam-jam tertentu.
  • Berlaku selama 90 hari.

Kekurangan:
  • Lebih mahal daripada Paket Super Internet 3.5GB



Dengan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki setiap paket, saya cenderung memilih untuk membeli Kartu Perdana Indosat 3GB. Secara keseluruhan harganya memang lebih mahal daripada paket 3.5GB yang hanya Rp. 49.900, tapi saya ingin bisa bebas menggunakan seluruh kuotanya tanpa terikat waktu.

Di situs resmi Indosat, kartu ini dihargai Rp. 49.000. Dikartunya sendiri pun tercantum harga Rp. 49.000 ketika saya melihatnya di outlet pulsa. Tapi, oleh outletnya kartu ini dijual lebih murah, yaitu Rp. 40.000. Saya yakin di luar sana ada yang menjualnya dengan harga yang lebih murah lagi, tapi karena saya malas mencari + sudah ngebet online, ya saya beli saja.

Harga terbaru saat ini, awal November 2015, yaitu sebesar Rp. 69.000. Karena saya pernah membelinya dengan harga yang lebih murah di salah satu outlet pulsa di kota kediaman saya, anda pun mungkin juga akan mendapatkannya dengan harga yang lebih rendah daripada harga resmi yang tercantum pada kemasan kartunya.

Lalu, sebaiknya pilih paket internet Indosat yang mana?


Dengan asumsi bahwa Anda membutuhkan kuota bulanan, ada 3 saran yang bisa saya berikan:

PILIHAN 1) Jika anda ingin terus ber-internet ria selama 30 hari dan tidak keberatan dengan kecepatan yang turun drastis hingga 16 Kbps setelah jatah kuota FUP-nya habis, belilah paket unlimited 2GB

PILIHAN 2) Jika kebutuhan kuota bulanan Anda cukup besar dan tidak keberatan terikat waktu, belilah Paket Super Internet 20.5GB (cocok buat yang hobi begadang atau sering susah tidur di malam hari)

PILIHAN 3) Jika ingin bebas menggunakan kuota kapan saja, lebih baik beli saja Kartu Perdana Indosat 3GB. Harganya memang lebih mahal daripada paket Internet 3.5GB dengan selisih Rp. 19.100, tapi setidaknya anda tidak perlu begadang dan tidak perlu capek-capek mencari lokasi hotspot Indosat SuperWiFi.

Tidak ada komentar: