Cara Menyimpan Foto dari Instagram di Laptop/PC Tanpa Atau Dengan Aplikasi

Advertisement

Bagaimana cara menyimpan foto dari Instagram? Lebih tepatnya, bagaimana caranya kita bisa menyimpan foto dari akun Instagram orang lain? Misalnya, kamu ngefans dengan artis tertentu dan ingin menyimpan beberapa fotonya yang kamu anggap sangat menarik, atau mungkin kamu ingin menyimpan foto-foto event tertentu yang ada di akun Instagram temanmu.

Instagram memang tidak menyediakan sarana untuk download foto, tapi kita bisa mengambil foto-foto manapun yang disuka dengan cara-cara tertentu.

Bisa dengan tanpa menggunakan aplikasi apapun selain browser. Bisa juga dengan bantuan aplikasi-aplikasi gratisan yang umumnya sangat mudah untuk digunakan.

Ada aplikasi Instagram downloader yang memungkinkan kita untuk menyimpan semua foto dari beberapa akun Instagram sekaligus. Ada yang dapat mendownload semua foto dari satu akun Instagram yang kemudian dikompresi dalam zip file. Ada juga yang dirancang sedemikian rupa sehingga kita bisa menyimpan hanya foto-foto instagram yang sudah diseleksi.

Cara Menyimpan Foto dari 2 Akun Instagram Sekaligus


Versi gratisan dari 4K Stogram mengijinkan kita untuk menyimpan seluruh foto dari 2 akun Instagram secara serempak.

Yang paling menyenangkan dari aplikasi ini adalah fitur manual dan auto updatenya.

Dengan auto update, setiap 5 menit 4K Stogram akan otomatis memeriksa akun Instagram untuk mencari foto baru, dan kemudian akan menyimpan foto-foto baru tersebut ke folder pilihan kamu.
  1. Download dulu aplikasinya dari link berikut ini: Installer (Windows), Portable (Windows), Mac OS X 10.8 and versi sesudahnya, Portable (Ubuntu)
  2. Install terlebih dulu jika kamu memilih installernya (atau ekstrak file ZIP jika kamu memilih versi portabelnya), lalu buka folder 4kstogram dan jalankan aplikasinya (klik 2x pada aplikasi 4kstogram yang ditandai dengan ikon kecil berwarna merah).
  3. Begitu jendela aplikasi terbuka, ketikkan username Instagram yang foto-fotonya ingin kamu simpan. Misalnya, shireensungkar.

  4. Klik tombol "Follow".

    Begitu tombol Follow ditekan, foto-foto yang ada di dalam akun Instagram Shireen Sungkar akan tersimpan secara otomatis ke dalam folder Pictures.


    Untuk masuk ke folder penyimpanan foto bisa dengan cara mengklik ikon folder kecil berwarna biru yang terletak di samping username shireensungkar. Tidak melihat ada folder biru? Tenang, arahkan saja mouse ke samping username, ikon folder kecil tersebut akan muncul dengan sendirinya.
  5. Sekarang coba ketikkan username lain. Misalnya, agnezmo. Lalu tekan tombol Follow.
Nah, sekarang kamu sudah menyimpan foto dari 2 akun Instagram sekaligus, yaitu Shireen Sungkar dan Agnes Monica.


Cara Mengambil Foto-Foto Pilihan dari Instagram


Daripada menyimpan semua foto, mungkin kamu lebih memilih untuk menyimpan foto-foto tertentu saja dari akun Instagram yang menjadi targetmu. Untuk yang satu ini, kamu bisa melakukannya tanpa menginstall aplikasi tambahan.

Ada dua cara, yakni pakai browser Firefox atau memanfaatkan website pengunduh foto Instagram.

Untuk Google Chrome, sebenarnya bisa juga download foto dari Instagram tanpa menginstall aplikasi lain, tapi sayang caranya lumayan ribet. Karena itulah saya memilih untuk menggunakan ekstensi di Google Chrome demi memudahkan penyimpanan foto.

Berikut ini adalah caranya baik untuk Firefox maupun Chrome.

Google Chrome

  1. Install ekstensi IGSave dari sini.
  2. Setelah instalasi selesai, buka akun Instagram yang diinginkan, misalnya Instagram wallpapermag: https://www.instagram.com/wallpapermag/.
  3. Klik foto untuk membuka versi ukuran besarnya, lalu klik tombol Download untuk menyimpan foto


ALTERNATIF


Selain IGSave, ada beberapa ekstensi yang sudah saya coba dan berfungsi dengan baik dalam mengambil foto dari instagram:

1. InstaSee. Setelah diinstall, klik-kanan pada foto, lalu pilih "Open media in new tab". Nantinya ukuran besar foto tersebut akan terbuka di tab baru, siap untuk didownload. Ekstensi ini juga dapat digunakan untuk download video instagram.

2. GetThatPic! (dulu namanya Instagram Image URL). Cara download foto: Klik foto di halaman depan Instagram untuk menampilkan ukuran besarnya >> klik-kanan pada foto >> pilih menu GetThatPic! >> klik Download Instagram Image.

3. IGHelper. Cara download foto: Klik foto di halaman depan Instagram untuk menampilkan ukuran besarnya, lalu arahkan panah mouse ke foto untuk memunculkan tombol download. Tombol tersebut posisinya di pojok kanan atas foto.

Catatan: Kalau ekstensi diinstall saat Instagram terbuka, jangan lupa untuk memuat kembali (reload) Instagram setelah ekstensi selesai diinstall


Download Foto dengan Fitur Media Mozilla Firefox


Cara berikut ini tanpa menginstall ekstensi apapun, melainkan menggunakan fitur yang sudah tertanam di dalam browser. Sangat mudah sebenarnya, tapi karena saya berusaha menjelaskannya secara mendetail jadinya kelihatan panjang dan ribet.
  1. Jalankan browser Firefox dan buka akun Instagram yang foto-fotonya ingin kamu simpan. Sebagai contoh, saya akan tunjukkan bagaimana caranya mengambil foto dari akun Instagram Marshanda: https://instagram.com/marshanda99/
  2. Klik-kanan pada foto yang ingin kamu simpan dan pilih "Open Link in New Tab" untuk membuka halaman foto tersebut di tab baru.

  3. Klik tab baru tersebut, lalu klik-kanan pada foto dan pilih "View Page Info" untuk membuka panel Page Info

  4. Di dalam panel Page Info, klik menu Media di bagian atas

  5. Lihat kolom Type di kotak Address. Cari yang tipenya adalah Image, bukan Icon, lalu klik.
  6. Setelah tipe Image ditemukan, klik tombol kotak di atas untuk memperbesar tampilan panel
  7. Lihat di kotak Media Preview di bagian paling bawah. Di situ kamu bisa melihat tampilan foto yang hendak disimpan
  8. Untuk menyimpan foto tersebut, klik tombol Save As yang terletak di atas gambar.

Cara Termudah Untuk Menyimpan Foto Instagram di Semua Browser


Buat yang tidak ingin menggunakan trik dan tidak mau menginstall apapun, mungkin cara inilah yang paling tepat buat kamu. Yaitu dengan menggunakan website pengunduh foto dan video Instagram seperti dinsta.
  1. Sebagai contoh, buka akun instagram Instagram Nikita Willy: https://instagram.com/nikitawillyofficial94/.
  2. Klik-kanan pada foto yang diinginkan, lalu pilih "Copy link address" (Google Chrome) atau "Copy Link Location" (Firefox) untuk menyalin URL foto tersebut.

  3. Buka halaman website dinsta, klik-kanan pada kolom, pilih Paste untuk memasukkan URL yang sudah disalin sebelumnya, lalu tekan tombol GO

  4. Di halaman berikutnya, geser layar ke bawah kalau tombol download tidak terlihat. Kemudian klik tombol download atau klik-kanan pada gambar dan pilih "Save image as" untuk menyimpan foto.

Tidak dibutuhkan registrasi untuk menggunakan website pengunduh Instagram ini. Kamu bisa menyimpan foto dari Instagram sebanyak apapun yang kamu mau.

Nah, untuk sementara itu saja dulu. Sudah terlalu panjang rasanya artikel ini. Sekedar catatan, semua cara menyimpan foto dari Instagram di atas bisa diterapkan tanpa harus memiliki akun di Instagram. Mungkin ada yang bisa menambahkan cara lainnya?




22 komentar untuk Cara Menyimpan Foto dari Instagram di Laptop/PC Tanpa Atau Dengan Aplikasi:

  1. terimakasih banyak, sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, senang bisa membantu :D

      Hapus
  2. mantap tutorialnya bang.. lengkap bangettt

    BalasHapus
  3. thanks gan sangat membantu saya dalam menjalankan bisnis online.
    semoga rejeki agan makin lancar ya krn udh bantu orang banyak. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, makasih doanya. Saya doakan balik semoga bisnis onlinenya tambah sukses dan makin banyak rejeki :D

      Hapus
  4. siipp. .thanks a lot :D

    BalasHapus
  5. Gan, kok muter terus ya di 4gramnya..ane dah tulis nama usernya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 4gram ini maksudnya 4k stogram ya? Selama ngambil foto pasti muter terus. Foto yang sudah diambil akan langsung ditampilkan, dan aplikasi baru akan berhenti "muter" setelah seluruh foto selesai didownload. Kalo foto tidak kunjung muncul kemungkinan koneksi atau servernya instagram yang lagi bermasalah, coba aja beberapa saat lagi atau di lain waktu

      Hapus
  6. Mantap postingannya gan.. Sangat membantu..

    BalasHapus
  7. Tutorialnya mantap mas, soalnya lagi coba peruntungan dari instagram nih. :D
    Semoga rejekinya lancar mas. :D

    BalasHapus
  8. Terimakasih gann.. very usefull :)

    BalasHapus
  9. terima kasih artikelnya sangat membantu.. kunjungi juga webiste generasihero(situs media viral yang wajib kamu baca)

    BalasHapus
  10. Tarima kasih banyak atas bantuannya mbak/mas .!. sangat sangat sangat bermanfaat...
    amaizing, Download 2500 foto hanya dlm hitungan menit saja...
    semoga mas/mbak sehat selalu agar bisa menemukan ide ide kreatif yang sangat bermanfaat unt umat...

    Salam Kreatif. . .

    BalasHapus
  11. gan, tanya nii saya binggung mau simpan foto di shopee tolong bantu jawab donk
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Linda, maaf selama ini saya belum pernah pake shopee jadi ga bisa bantu

      Hapus