IDM Tidak Muncul di Google Chrome, Ini Solusinya

Masalah IDM yang tidak muncul di Google Chrome bisa saja terjadi langsung setelah instal atau bisa saja terjadi secara mendadak setelah lama menggunakan IDM tanpa masalah.

Beberapa langkah yang bisa diambil yaitu menyesuaikan versi browser dengan IDM, memastikan status integrasi sudah aktif, dan memulihkan ekstensi IDM.

Cara 1: Memasang ekstensi IDM dari Chrome store

Solusi yang pertama yaitu dengan menginstal ekstensi IDM melalui Chrome store yang bisa diperoleh dari halaman ini. Klik tombol Add to Chrome (Tambah ke Chrome), tunggu sebentar sampai download selesai, lalu konfirmasi penginstalan.

Untuk yang belum tahu cara install ekstensi, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Kunjungi halaman ekstensi IDM di sini

2. Klik tombol Add to Chrome (Tambah ke Chrome).

instal ekstensi idm

3. Klik Add extension, lalu tunggu sampai proses instal selesai yang ditandai dengan terbukanya sebuah halaman baru.

konfirmasi instal idm

Seharusnya sampai pada tahap ini IDM sudah terpasang di Google Chrome. Jika tidak ada masalah, icon IDM akan tampil di toolbar yang menandakan IDM sudah aktif dan siap untuk digunakan.

idm di toolbar chrome


Cara 2: Cek status integrasi IDM di Google Chrome

Langkah pertama, cek apakah icon IDM muncul toolbar. Kalau muncul berarti sudah aktif. Kalau belum muncul, aktifkan terlebih dulu dengan membuka halaman ekstensi melalui menu browser, pilih More tools (Fitur lainnya), lalu klik Extensions (ekstensi).

halaman ekstensi google chrome

Setelah halaman ekstensi terbuka, cari ekstensi IDM, lalu klik pada tombol geser sampai warnanya berubah menjadi biru untuk mengaktifkan.



Langkah kedua, buka jendela utama IDM, klik Options, klik menu General, lalu pastikan opsi Use advanced browser integration dan Google Chrome sudah tercentang.

opsi integrasi idm


Cara 3: Update IDM

Dengan memperbarui versi IDM biasanya masalah tombol IDM yang tidak muncul bisa diatasi. Kalau ternyata masih bermasalah, cek versi browser yang dipakai dan update browser apabila ada versi yang lebih baru.


Demikianlah cara mengatasi tombol IDM yang tidak muncul di Google Chrome.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar