Cara Menampilkan Alarm Saat Suhu CPU Terlalu Tinggi (Overheat)

Selain memungkinkan penggunanya untuk mengetahui suhu CPU setiap saat, aplikasi mungil ini juga punya fitur alarm yang akan memunculkan notifikasi ketika suhu CPU terlalu panas atau melampaui batas yang ditetapkan oleh pengguna.

Selain mengaktifkan alarm, aplikasi juga bisa diatur untuk mematikan komputer atau untuk menjalankan program tertentu secara otomatis untuk menangani masalah suhu yang naik tersebut.

Aplikasi ini gratis, ukurannya kecil, ringan (konsumsi RAM sekitar 3 MB), tidak perlu diinstall jika memilih versi portabelnya, dan mendukung prosesor AMD / Intel / VIA. Namanya Core Temp.

Saat pertama kali dijalankan Core Temp akan menampilkan jendela utamanya yang memuat sejumlah informasi terkait CPU seperti nama prosesor, jumlah core, socket, batas aman suhu CPU yang ditetapkan oleh produsennya, dan lain-lain.

Selain itu, suhu CPU juga bisa dilihat langsung pada area notifikasi untuk setiap core CPU.



Untuk memasang alarm, fitur Overheat Protection perlu diaktifkan terlebih dulu. Caranya, klik Options, klik Overheat protection, centangi Enable overheat protection, klik OK.





Pengaturan di atas akan memunculkan alarm ketika suhu CPU dianggap kritis.

Jika ingin alarm muncul saat CPU mencapai suhu tertentu sesuai keinginan, klik Activate at the specified temperature, lalu rubah input suhunya atau biarkan tetap pada 90 derajat celcius.



Jenis notifikasi untuk alarm ada dua, yaitu pop-up dan icon flashing.

Pilihan shut down otomatis juga bisa diaktifkan kalau dirasa perlu. Ada 3 pilihan, yaitu 'menidurkan' sistem dengan mode sleep, hibernate, dan power down untuk mematikan komputer secara total.

Daftar prosesor AMD yang didukung Core Temp:

Semua seri Ryzen/Epyc, FX, APU, Phenom / Phenom II, Athlon II, Turion II, Athlon64, Athlon64 X2, Athlon64 FX, Turion64, Turion64 X2, Sempron, Opteron.

Daftar prosesor Intel yang didukung Core Temp:

Semua seri Core i3, i5, i7, i9, Atom, Core Solo, Core Duo, Core 2 Duo, Core 2 Quad, Core 2 Extreme, Celeron-M 400 and 500, Celeron, Pentium, Xeon (Core based).

Daftar prosesor VIA yang didukung:

Semua seri Nano, C7 dan turunannya.


Informasi Program:

Nama program: Core Temp
Lisensi: Freeware
Link Download (Portabel): 64 bit atau 32 bit
Halaman Download: alcpu.com
Versi: 1.13 (April 2019)
Mendukung: Microsoft Windows XP, Vista, 7, 8, 10, 2003 Server, 2008 Server, 2012 Server, 2016 Server.
Fungsi utama: mengawasi suhu CPU dan menampilkan alarm ketika suhu melebihi batas aman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar