Tema Gelap di Google Chrome Windows

Setelah sekian lama akhirnya mulai ada tanda-tanda Google Chrome akan memiliki tema gelapnya sendiri di Windows. Sebelumnya tema gelap ini sudah ada di Mac OS X tapi entah kenapa butuh waktu yang lumayan lama sebelum akhirnya Google mengintegrasikan fitur tersebut di Chrome untuk Windows.

Untuk saat ini dark theme tersebut hanya bisa diaktifkan di Google Chrome Canary. Karena masih dalam tahap utak-atik, jangan heran kalau tampilannya masih belum sempurna.

Seperti yang bisa dilihat pada screenshot di bawah, dari luar sepertinya semua sudah sempurna. Sudah serba gelap. Address bar pun juga gelap dengan warna teks putih. Pokoknya wow deh.



Akan tetapi, kalau kamu klik menunya, baru kelihatan boroknya. Tampilan menunya memang sudah gelap, tapi teksnya juga berwarna hitam. Sangat cocok kalau kamu ada niat untuk mengasah ketajaman mata.



Selain itu, kalau kamu membuka sebuah halaman website yang panjang, atau mengecilkan ukuran jendela Google Chrome, akan terlihat scrollbar yang masih berwarna abu-abu.

Yah, namanya juga Canary, semuanya masih serba eksperimen.

Buat yang tertarik untuk mencobanya, Google Chrome Canary harus diluncurkan dengan parameter --force-dark-mode.

Klik-kanan pada icon Canary di desktop, klik Properties, lalu tambahkan --force-dark-mode ke dalam kolom Target.

Contohnya seperti ini:

"C:\Users\kafesia\AppData\Local\Google\Chrome SxS\Application\chrome.exe" --force-dark-mode

Klik OK dan kemudian luncurkan Google Chrome Canary. Seharusnya browser sudah tampil dalam mode gelap saat itu juga.

Mode gelap ini sudah lama dinanti-nantikan oleh banyak pengguna Google Chrome, termasuk saya. Dengan mode tersebut, kita bisa menatap layar komputer di sore hari tanpa merasa seperti menatap matahari.

Keberadaannya juga sangat membantu terutama buat mereka yang penglihatannya sensitif terhadap cahaya, contohnya seperti saya, dan vampir.

Oh ya, cara di atas saya terapkan di Google Chrome Canary versi 74.0.3686.3. Selamat mencoba. (Sumber: 9to5Google)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar