Cara Menambah File ke dalam ZIP, RAR, 7z Tanpa Kompres Ulang

Kadang ada file yang lupa disertakan dan baru ingat setelah kompres selesai. Biasanya metode yang ditempuh untuk mengatasinya adalah dengan melakukan kompres ulang. Hasil kompres (RAR, ZIP atau 7Z) dihapus, lalu mengulangi kompres dengan file yang lupa dimasukkan sebelumnya.

Kalau file-file yang dikompres memiliki ukuran kecil, mungkin tidak begitu menjadi masalah. Tapi kalau rata-rata berukuran besar, atau jumlah total ukurannya lumayan besar, cara seperti di atas bakalan buang-buang waktu.

Ada cara lain yang jauh lebih mudah dan cepat.

Yaitu dengan memasukkan file secara langsung ke dalam hasil kompresi.

Caranya, buka file RAR atau ZIP yang baru saja dibuat, lalu seret file langsung kedalamnya dan ikuti petunjuk selanjutnya yang tertera pada aplikasi archiver yang digunakan seperti Bandizip, Winrar atau lainnya.

Selain dengan metode drag and drop (seret dan jatuhkan file), file juga bisa ditambahkan ke dalam arsip melalui jendela aplikasi--biasanya dengan menggunakan tombol plus atau tombol Add.



Ada satu hal yang perlu diingat.

File hanya bisa ditambahkan ke dalam arsip dengan menggunakan aplikasi yang sesuai dengan jenis arsip tersebut.

Sebagai contoh, untuk menambahkan file ke dalam arsip RAR, arsip tersebut harus dibuka dengan Winrar. Kalau arsip RAR dibuka dengan aplikasi lain seperti Bandizip, maka file tidak akan bisa ditambahkan.

Contoh lainnya, untuk menambahkan file ke dalam arsip 7z, arsip tersebut harus dibuka dengan 7-zip. Jika tidak, maka file tidak akan bisa ditambahkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar