Task Manager Tidak Muncul di Tray/Notifikasi/Taskbar Windows

Untuk mengawasi penggunaan CPU dan disk biasanya saya menempatkan Task Manager di area notifikasi dengan mengaktifkan opsi "Hide when minimized", tapi entah kenapa kadang-kadang task manager tidak mau muncul di area tersebut dan hilang begitu saja.

Kasus ini sudah saya alami beberapa kali dan celakanya selalu lupa cara mengatasinya karena cara 'normal' seperti restart Windows explorer terkadang tidak berhasil mengembalikan Task Manager di tray.

Nah, barusan kasus yang sama terjadi lagi. Seperti biasa, saya coba restart Windows explorer... tidak mempan.

Setelah ngubek-ngubek internet selama beberapa menit, akhirnya ketemu satu solusi yang manjur di situs tanya jawab Microsoft.

Caranya kurang lebih seperti berikut:

Jalankan Task Manager, cari dan matikan proses Task Manager. Setelah itu jalankan kembali Task Manager.


Setelah menjalankan tips tersebut, Task Manager tampil kembali di area notifikasi seperti biasanya ketika di-minimize.

Kenapa Task Manager tidak ditutup dengan cara biasa saja (dengan menekan tombol X)? Sudah saya coba tapi Task Manager tetap tidak mau muncul di tray.

Info tambahan: Task Manager selalu saya jalankan dengan kondisi "run as administrator"

Di halaman tanya jawab tersebut juga ada user yang mengatakan kalau Task Manager baru bisa tampil ketika opsi "Always on Top" diaktifkan. Saya tidak mengaktifkan opsi yang dimaksud tapi Task Manager sudah bisa muncul. Maklum, beda komputer biasanya kadang butuh penanganan yang juga sedikit berbeda.

Kalau kedua cara di atas tidak berhasil, coba Sign Out atau kalau perlu restart komputer sekalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar