Tombol Install di Store Windows 10 Hilang, Ini Cara Mengatasinya

Tombol install atau get di Microsoft Store yang hilang bisa saja terjadi karena masalah dari Windows itu sendiri (misalnya setelah melakukan update) atau karena ulah pengguna yang doyan utak-atik setting dan tanpa sengaja membuat Microsoft Store menjadi tidak berfungsi seperti biasanya.

Untuk mengatasi tombol install yang hilang di Store Windows 10, cara-cara yang bisa ditempuh antara lain reset Store, menggunakan Store troubleshooting, cek status Store di Services, membatalkan update Windows yang baru saja dilakukan, menunggu update Windows selanjutnya, atau reset Windows 10 kembali ke pengaturan awal seperti baru.

Tanggal publikasi artikel: Oktober 2018

Cara 1: Reset Microsoft Store


Reset ini hanya akan menghapus cache Microsoft Store. Aplikasi yang sudah terinstall tidak akan terhapus.

Caranya, klik Start menu, ketik wsreset, klik-kanan pada wsreset di hasil pencarian, lalu klik Run as administrator.


Selanjutnya proses reset akan dimulai yang ditandai dengan munculnya jendela wsreset yang kosong. Tunggu sampai jendela tersebut tertutup dengan sendirinya.

Setelah proses reset selesai, Microsoft Store akan terbuka secara otomatis. Berikutnya cek apakah tombol install atau get sudah pulih. Jika belum, coba tempuh cara kedua di bawah ini.


Cara 2: Cek status Store di Services


Klik Start menu, ketik services, klik-kanan pada services di hasil pencarian, lalu klik Run as administrator.


Di jendela Services, cari dan klik-kanan pada Windows Store Install Service, lalu klik Properties.


Klik menu drop-down Startup type dan pilih Automatic (Delayed Start), lalu klik Apply.


Masih di jendela yang sama, klik tombol Start untuk menjalankan Windows Store Install Service tersebut, tunggu sampai prosesnya selesai, lalu klik OK.


Selesai. Cek apakah tombol install atau get sudah muncul di Microsoft Store.


Cara 3: Update Microsoft Store


Buka jendela Microsoft Store, lalu klik tanda tiga titik disamping gambar profil, dan klik Downloads and updates.



Berikutnya klik tombol Get updates. Tunggu sampai proses update selesai, kemudian cek apakah tombol get atau tombol install di Store sudah kembali seperti biasanya.



Cara 4: Menggunakan Aplikasi Troubleshooting untuk Store


Klik Start menu, ketik troubleshoot, lalu tekan Enter pada keyboard atau klik Troubleshoot.


Setelah jendela Troubleshoot terbuka, cari yang namanya Windows Store Apps. Di Windows 10 versi 1709 letaknya berada di paling bawah. Klik sekali pada Windows Store Apps untuk memunculkan tombol Run the troubleshooter, lalu klik tombol tersebut untuk menjalankannya. Selanjutnya tunggu sampai proses scanning selesai dan ikuti petunjuk-petunjuk yang tertera pada layar Windows Store Apps tersebut.



Cara 5: Reset PC


Reset PC untuk kembali ke settingan pabrik bisa dilakukan melalui jendela Setting. Ada pilihan untuk reset tanpa menghapus file-file pribadi, tapi disarankan untuk tetap melakukan backup terlebih dulu.



Cara 6: Gunakan akun Microsoft yang berbeda


Logout dari akun Microsoft yang ada, lalu buat akun baru dan gunakan akun tersebut untuk mengakses Microsoft Store.


Kalau semua cara di atas tidak mempan dan kebetulan Windows yang dipakai baru saja di-update, coba cari tahu apakah ada bug yang terkait dengan Microsoft Store di update tersebut. Jika memang ada bug yang demikian, uninstall update yang dimaksud, restart komputer dan kemudian cek apakah tombol install/get sudah kembali di Store.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar