Cara Upload Foto ke Instagram Hanya dengan Browser di PC/Laptop

Pengen berbagi foto di Instagram tapi fotonya ada di PC. Mau memindahkan foto ke hp malesnya bukan main, padahal sudah pakai aplikasi transfer file semacam Shareit. Ya sudah, upload saja langsung dari PC.

Dulu sewaktu Instagram masih anget-angetnya, satu-satunya cara untuk bisa mengirim foto ke Instagram via desktop cuma dengan menggunakan emulator Android semacam Bluestack. Tapi sekarang, justru emulator malah tidak disarankan kalau keperluannya cuma untuk berbagi foto di Instagram.

Setelah itu muncullah beragam aplikasi yang khusus dibuat untuk ber-instagram ria. Salah satunya Gramblr yang sudah pernah saya bahas. Muncul juga aplikasi resmi dari Instagram untuk PC yang tersedia buat Windows 10. Kalau dilihat dari komen-komennya di Windows Store, banyak yang awalnya senang lalu ngomel-ngomel setelah install. Aplikasinya sih enteng dan cepat, tapi tidak ada fitur uploadnya. Ada juga yang bilang tombol uploadnya bisa ditemui di Windows 10 Creators Update, tapi itu pun baru berhasil setelah crash berkali-kali.

Nah, sekarang, cara uploadnya sudah agak nyaman karena secara tidak langsung sudah disediakan oleh browser seperti Google Chrome dan Firefox, yang bisa kamu simak berikut ini.

Perhatian:

Yang pakai Firefox bisa langsung loncat ke sini
Yang pakai Microsoft Edge geser ke sini


GOOGLE CHROME


1. Login ke situs Instagram.com.
2. Klik-kanan di bagian mana saja pada halaman Instagram, lalu pilih Inspect (Inspeksi).
  • Atau, tekan F12
  • Atau, tekan Ctrl + Shift + i
  • Tampilan halaman browser akan terbagi menjadi dua panel.
tampilan instagram di pc


3. Arahkan panah mouse ke panel kanan lalu klik tombol Device Toolbar di pojok atas. Tampilan Instagram (di panel kiri) akan berubah seperti tampilan di ponsel.


4. Klik tombol kamera untuk memilih dan upload gambar di Instagram. Kalau tombolnya belum muncul, tekan F5 untuk reload halaman.
  • Gambar/foto yang diupload harus dalam format JPG.


5. Setelah foto diunggah, kamu bisa mengedit foto terlebih dulu, lalu klik Next.


6. Tambahkan kata-kata sebagai caption, lalu klik Share untuk posting foto di Instagram. Selesai.


Catatan: Uji coba posting foto di atas dilakukan saat Google Chrome menginjak versi 60


FIREFOX

Beri Efek ke Foto Sebelum Diunggah ke Instagram



1. Login ke Instagram.
2. Tekan Ctrl + Shift + M, lalu klik menu "tidak ada peranti yang dipilih".


3. Pilih salah satu peranti. Disini saya memilih Nokia Lumia 20.
  • Halaman akan reload otomatis setelah memilih peranti. Tunggu sampai selesai.
  • Ukuran layar bisa dirubah sesuka hati melalui kolom angka di atas jendela layar.


4. Klik tombol kamera untuk memilih dan upload gambar.
  • Buat yang memilih peranti selain Nokia Lumia 20, geser layar ke bawah kalau tombol kameranya tidak terlihat.

5. Setelah foto diunggah, kamu bisa mengedit foto terlebih dulu, lalu klik Next.


6. Tambahkan kata-kata sebagai caption, lalu klik Share untuk posting foto di Instagram. Selesai.


Catatan: Uji coba posting foto di atas dilakukan saat Mozilla Firefox menginjak versi 54.0.1


Microsoft Edge

Mengirim Foto/Gambar ke Instagram Langsung Melalui PC



1. Login ke Instagram.
2. Tekan F12 atau klik-kanan pada halaman lalu pilih "Inspect element".
3. Arahkan kursor mouse ke menu lalu klik Emulation (lihat Gbr.3a). Kalau menu Emulation tidak terlihat, klik tombol drop-down pada menu (lihat Gbr.3b)


4. Pada menu Device, pilih Nokia Lumia 650. Halaman akan reload otomatis setelah device dipilih. Tunggu sampai selesai.


5. Agar layarnya lebih nyaman dilihat, lebih baik jendela developer tools dipisah saja dari jendela utama. Caranya, klik tombol "Undock" yang terletak di pojok kanan atas pada bilah menu.


5. Buat kamu yang merasa layarnya terlalu kecil bisa mengubah ukurannya melalui menu "Enter a custom resolution". Tentukan lebar (width) dan tinggi (height) sesuai keinginan.

6. Selanjutnya untuk upload dan posting foto ke Instagram bisa mengikuti proses seperti yang sudah dijelaskan di atas karena langkah-langkahnya sama persis (lihat panduan Google Chrome atau Firefox mulai dari langkah ke-4).

Itulah bagaimana caranya agar kita bisa upload foto langsung ke Instagram tanpa harus menggunakan hp, melainkan melalui PC atau laptop. Untuk browser-browser lainnya saya masih belum mencoba tapi buat browser yang mesinnya turunan dari Chrome atau Firefox semestinya juga bisa.

Sejauh ini menurut saya yang paling nyaman untuk upload adalah Google Chrome. Firefox terasa agak berat setelah beberapa saat membuka Instagram (tapi paling bisa diandalkan kalau mau download foto siapapun juga dari instagram tanpa harus install aplikasi), sedangkan di Microsoft Edge, tampilan layar Instagramnya terlalu mojok ke kiri.

Terakhir sebagai penutup, cuma foto dalam format JPG yang bisa diunggah melalui Google Chrome, sedangkan di Edge bisa upload JPG dan PNG. Entahlah dengan format lainnya seperti webp dan bmp karena belum dicoba.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar