Agar Volume Video Tidak Mendadak Tinggi

Sewaktu menonton film pastinya volume sudah diatur sesuai keinginan, tapi kadang ada saja adegan yang membuat volumenya tiba-tiba jauh lebih kencang. Biasanya kenaikan volume ini terjadi ketika adegan berubah menjadi menegangkan. Misalnya, tabrakan mobil, tangan putih pucat yang mendadak memegang jendela, memandang cermin sehabis cuci muka tapi ternyata yang muncul bukan wajahnya, dan lain-lain.

Kalau nontonnya siang hari mungkin tidak begitu masalah, tapi kalau nyetelnya pas malam (apalagi kalau sudah jam tidur), naiknya volume yang mendadak tersebut tidak hanya bisa bikin jantungan, tapi juga bisa mengganggu orang lain yang sedang terlelap.

Agar volume benar-benar tidak lepas kontrol alias turun naik secara drastis (sewaktu adegannya cuma ngobrol ngalor ngidul bisa terdengar jelas dan volume tidak meloncat tajam saat adegan action-nya muncul), salah satu cara yang bisa dipakai adalah dengan menggunakan Sound Lock.


Download dan install Sound Lock dari sini atau sini. Ketika dijalankan, aplikasi gratisan untuk Windows tersebut bisa ditemui di area notifikasi taskbar. Pengguna hanya perlu mengklik icon-nya, mengatur volume, lalu mengubah off menjadi on untuk mengaktifkannya. Setelah film selesai ditonton, tutup aplikasi atau setel ke off untuk mengembalikan kondisi volume ke asalnya.

Kalau ternyata tidak berfungsi sebagaimana mestinya, klik-kanan pada icon tersebut lalu pilih Settings > Output device > pilih salah satu device.

Sayang sekali tidak ada versi portabelnya sehingga mau tidak mau aplikasi tersebut harus diinstall.

Pada saat artikel ini diterbitkan, Sound Lock sudah menginjak versi 1.3.2.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar