Teknologi Ini Bikin Smartphone & Laptop Hancur Jika Dicuri

Kadang data yang ada di dalam smartphone nilainya bisa jauh melebihi harga perangkat itu sendiri. Bayangin kalau didalamnya berisi video-video super pribadi, apa ga malu tuh kalau sampai tersebar luas? So, apa yang akan kalian lakukan kalau smartphone hilang tanpa jejak? Lapor ke polisi, minta bantuan detektif Conan, atau pasrah?

Yang melek teknologi pasti kepikiran buat melakukan remote-wipe. Nah, ada teknologi lain yang mungkin bakal lebih cespleng, yaitu self-destruct.

Teknologi tersebut dikembangkan oleh para peneliti dari King Abdullah University of Science and Technology (KAUST) di Arab Saudi.



Dilansir dari ZDNet dan DailyMail pada 7 Maret 2017, cara kerjanya seperti ini:

Di dalam mekanisme self-destruct tertanam sebuah expandable polymer yang berfungsi untuk meremukkan chip perangkat dalam waktu 10-15 detik.

Ketika mekanisme tersebut diaktifkan, elektroda pemanas yang mengambil daya dari baterai akan meninggikan suhu polimer sampai meledak. Polimer tersebut diklaim mampu menggelembung hingga tujuh kali ukuran aslinya saat dipanaskan hingga suhu 80 derajat celsius, dan dapat menghancurkan chip shilikon yang tebalnya tidak lebih besar dari 90 mikrometer atau kurang dari 0,1 mm.

Bagaimana dengan mekanisme pemicunya? Bisa bervariasi. Misalnya, memanfaatkan GPS yang akan menghancurkan perangkat jika dibawa keluar dari zona tertentu, bisa juga dengan menggunakan bantuan aplikasi yang menggunakan sistem penguncian tertentu seperti password, atau menggunakan sensor tekanan yang akan meledakkan gadget saat casing dibuka.

Selain laptop dan smartphone, teknologi self-destruct ini juga bisa ditanamkan ke dalam berbagai gadget lainnya.

Seberapa besar daya ledaknya? Yang nanya ini mungkin berharap pelakunya sedikit kecipratan ledakannya... Ga besarlah bro, sis, paling-paling cuma kayak di film Mission Impossible. Atau bahkan mungkin gak berasap sama sekali, cuma aroma gosong aja yang sedikit nusuk lubang hidung.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar