Hati-Hati, Pesan Ini Bisa Bikin Password Email Jebol

Tidak semua pesan yang masuk ke inbox pasti aman. Pesan-pesan tertentu bisa saja berisi konten yang membahayakan pemilik akun email. Sayangnya masih banyak yang tidak berhati-hati, terutama jika email yang datang berasal dari teman atau keluarga. Kelemahan inilah yang menjadi target utama dari serangan phishing terbaru seperti yang dibeberkan pakar keamanan dari WordFence.

Para pelaku phishing tersebut mengirim pesan dengan menggunakan akun email seseorang yang kita kenal. Di dalam pesan tersebut mereka menyelipkan sebuah jebakan yang terlihat mirip seperti attachment (lampiran). Pada kenyataannya, lampiran tersebut sebenarnya hanyalah sebuah gambar.

Jika lampiran palsu itu diklik, jendela login Google akan muncul. Secara keseluruhan tidak ada yang janggal dengan tampilan loginnya. Gambar logo, kotak input, tagline dan elemen-elemen visual lainnya sulit untuk dibedakan dari aslinya. Bahkan URL di address barnya pun juga mengandung accounts.google.com. Jangankan yang awam, yang melek teknologi pun bisa saja tertipu mentah-mentah.



Agar tidak terjebak, saat kita hendak login ke website tertentu dengan menggunakan akun Google, atau jika mendadak halaman login Google muncul setelah mengklik sebuah link, perhatikan URL jendela login tersebut.

Pastikan URL diawali https:// dan perhatikan simbol gembok berwarna hijau yang terletak di sebelah kiri URL. Apabila URL diawali dengan data:text/html, segera tutup tab.

Cara lain yang bisa ditempuh sebagai pencegahan adalah dengan mengganti password secara berkala dan mengaktifkan verifikasi 2 langkah untuk akun Google (Sumber: WordFence).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar