Cara Menampilkan Wallpaper Secara Bergantian Langsung dari Internet

Ada yang memilih mengganti wallpaper secara manual, ada juga yang memilih untuk menampilkan wallpaper dalam mode slideshow. Buat yang memilih cara kedua, apalagi yang mengganti wallpapernya setiap jam atau bahkan beberapa menit, mungkin ada yang pernah merasa malas mencari-cari gambar untuk melengkapi koleksi wallpaper. Daripada repot-repot, kenapa tidak menampilkan wallpaper saja secara langsung dari internet?

John’s Background Switcher merupakan aplikasi pengganti wallpaper untuk Windows. Aplikasi freeware tersebut dapat mengunduh gambar dan menampilkannya sebagai wallpaper secara otomatis pada layar desktop PC dan laptop.

Beberapa website yang didukungnya antara lain Pixabay, 500px, Instagram, Vladstudio Wallpapers, Flickr, Facebook, Dropbox dan Last.fm.

Selain website-website tersebut, John’s Background Switcher juga mendukung semua website lainnya yang memiliki RSS Feed.

DAFTAR ISI:
Cara 1: Cara Praktis Menampilkan Wallpaper dari Beberapa Website
Cara 2: Cara Menampilkan Wallpaper dari Pixabay atau dari Website Lain
Cara 3: Cara Menampilkan Wallpaper dari Beberapa Website Pilihan
Cara 4: Cara Menampilkan Wallpaper untuk Multi Monitor
Cara 5: Cara Menampilkan Wallpaper dalam Resolusi Tertentu




Cara Menampilkan Wallpaper dari Internet


Pertama-tama, download John’s Background Switcher dari sini (untuk Windows), lalu install. Ada beberapa cara untuk menampilkan wallpaper yang bisa disimak berikut ini.


Cara Praktis Menampilkan Wallpaper dari Beberapa Website


1. Jalankan aplikasi, lalu klik tombol Create some default sets. Pilihan default ini akan menampilkan wallpaper dari folder Pictures dan sejumlah situs seperti Flickr, Pixabay dan Vladstudio Wallpapers.

pilih sumber wallpaper

2. Pilih interval waktu penayangan. Contohnya, untuk mengganti wallpaper setiap 30 menit, klik tombol drop-down di bawah menu Switching Options dan kemudian pilih "30 minutes".

otomatis ganti wallpaper

3. Pilih mode penayangan wallpaper. Ada beberapa pilihan untuk mengatur bagaimana wallpaper ditayangkan seperti centre, stretch, tile, mosaic, collage dan lainnya. Klik tombol drop-down di bawah menu "Picture mode", lalu pilih sesuai selera.

mode penayangan wallpaper

4. Klik tombol OK untuk mengaktifkan pengaturan.


Cara Menampilkan Wallpaper dari Pixabay atau Website Lain


1. Klik tombol drop-down Add, lalu pilih Pixabay.

masukkan sumber wallpaper

2. Ada dua pilihan: mengunduh wallpaper dari Editor's Choice atau berdasarkan kata kunci pencarian (keyword) tertentu. Untuk pilihan pertama, langsung klik tombol OK.

wallpaper pilihan pixabay

Sedangkan untuk pilihan kedua, klik tombol drop-down di samping kanan menu "Choose from", lalu pilih "This search text".

keyword wallpaper

Ketikkan kata kunci pencarian yang diinginkan dalam bahasa Inggris. Misalnya, untuk mengunduh dan menampilkan wallpaper pemandangan alam, ketik "nature" (tanpa tanda petik).

pengaturan wallpaper

Klik tombol OK setelah selesai menambahkan keyword.

3. Ikuti langkah nomor 2, 3, dan 4 pada panduan pertama di atas (Cara Praktis Menampilkan Wallpaper).

Untuk website lainnya pada dasarnya caranya sama saja, hanya pilihan-pilihannya yang agak berbeda.




Cara Menampilkan Wallpaper dari Beberapa Website Sekaligus


Setelah menambahkan wallpaper dari Pixabay seperti cara di atas, kita bisa menambahkan situs lainnya sebagai sumber wallpaper. Misalnya kita juga ingin menampilkan wallpaper dari 500px.

Caranya, klik tombol Add, pilih 500px, lalu atur sesuai selera. Kalau masih ingin menambahkan situs lainnya, klik tombol Add, pilih situs yang diinginkan, lalu atur sesuai keinginan. Begitu seterusnya. Jika sudah selesai memasukkan semua website yang dikehendaki, klik tombol OK.




Cara Menampilkan Wallpaper untuk Multi Monitor


Bagi yang memasang monitor lebih dari satu, ada juga pilihan multi monitor untuk mengatur bagaimana wallpaper ditayangkan di semua monitor.

multi monitor

The same picture on each monitor: Setiap monitor menampilkan wallpaper yang sama.

One picture for the whole desktop: Monitor saya hanya satu, tapi saya tebak pilihan ini akan menampilkan satu wallpaper yang terpotong. Separuh wallpaper di monitor pertama, separuhnya lagi di monitor kedua.

Different pictures on each monitor: Setiap monitor menampilkan wallpaper yang berbeda.

A picture on one monitor only: Menampilkan wallpaper hanya pada satu monitor.

Pilihan multi monitor ini bisa ditemukan di jendela utama aplikasi, jadi tidak perlu blusukan ke jendela konfigurasi.




Cara Menampilkan Wallpaper dalam Resolusi Tertentu


Untuk mencegah gambar yang terlalu kecil atau tidak pas dengan resolusi monitor, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik tombol More...

pengaturan wallpaper

2. Klik "Picture Handling" di panel kiri.

resolusi wallpaper

3. Ketikkan resolusi yang diinginkan pada kolom "Only show pictures larger than". Nantinya aplikasi hanya akan mengunduh gambar yang resolusinya lebih besar daripada resolusi yang diketikkan tersebut.

4. Klik tombol OK.

Banyak sekali pilihan lainnya untuk mengatur bagaimana wallpaper diproses. Misalnya, menambahkan kalendar pada setiap wallpaper, menghentikan penggantian wallpaper jika laptop sedang menggunakan tenaga baterai, menambahkan efek tertentu pada wallpaper, menghentikan penggantian wallpaper saat ada program tertentu yang sedang berjalan (misalnya game), dan lain-lain. Kebanyakan pilihan bisa dijumpai di jendela konfigurasi yang diwakili oleh tombol More. Silahkan diubek-ubek sampai puas.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar