Cara Memperbesar Foto Tanpa Pecah Hingga 200% (Offline)

Foto beresolusi rendah biasanya akan tampil pecah-pecah atau blur ketika diperbesar. Makin besar, makin parah pecahnya. Bagaimana caranya supaya resolusi foto bisa diperbesar tanpa pecah-pecah atau buram?

Ada 2 solusi. Yang satu berupa website, yang satunya lagi berupa software. Di dalam artikel ini yang dibahas adalah software bernama A Sharper Scaling. Bagi yang memilih cara online, nanti akan saya ulas dalam artikel berikutnya.

A Sharper Scaling merupakan software yang khusus dirancang untuk memperbesar foto dengan ketajaman yang relatif lebih baik daripada aplikasi-aplikasi resizer lainnya. Sampai sejauh mana aplikasi ini bisa diandalkan?

Untuk menilainya, berikut ini adalah gambar perbandingan hasil pembesaran foto antara FastStone Image Viewer (menggunakan bilinear) dan A Sharper Scaling sebesar 200% dari 300 x 188 menjadi 1200 x 752.




Langkah-langkah memperbesar resolusi foto dengan A Sharper Scaling:

Download A Sharper Scaling terlebih dulu dari sini, lalu install.

1. Klik tombol "Load from File" untuk memasukkan foto.


2. Masukkan nilai pembesaran yang diinginkan (antara 50% sampai 400%).

3. Klik tombol "Result Preview" yang terletak di kanan bawah.

4. Pada tahap ini akan muncul hasil pembesaran foto oleh A Sharper Scaling yang dibandingkan dengan hasil pembesaran foto pada umumnya. Klik tombol "Save to File" untuk menyimpannya.



Memperbesar Foto Dalam Jumlah Banyak Sekaligus

A Sharper Scaling juga bisa memproses foto secara massal, lho. Caranya juga sangat mudah.

1. Jalankan A Sharper Scaling, lalu klik tombol "Bulk Processing" yang terletak di kanan atas.


2. Tampilan jendela "Bulk Processing" bisa dilihat di bawah ini. Untuk memulai, masukkan folder yang dipakai untuk menyimpan foto-foto yang akan diperbesar.


3. Tentukan nilai pembesarannya.

4. Pilih folder lain untuk menyimpan foto-foto hasil pembesaran.

5. Di bagian Output Format, jangan ubah "As Source" jika ingin format gambarnya tetap sama seperti aslinya. Kalau ingin merubah, tersedia pilihan format JPEG, TIFF dan PNG.

6. Klik tombol "Run" untuk memproses semua foto yang sudah dimasukkan dan tunggu hingga selesai.

Dari hasil percobaan dengan menggunakan beberapa foto yang berbeda, ada satu foto yang hasilnya tetap agak pecah ketika diperbesar. Namun demikian, hasil pembesaran tersebut tetap lebih baik ketimbang hasil pembesaran yang dilakukan oleh aplikasi-aplikasi lainnya yang menggunakan metode "konvensional" (bicubic, bilinear, dan lain-lain)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar