Cara Memindah Posisi Taskbar Windows 10, 8 7, Vista, XP Yang Paling Simpel

Dari jaman Majapahit sampai Star Wars, yang namanya taskbar dan start menu Windows selalu ada di bawah. Bisa tidak digeser-geser ke samping kiri kanan atau atas? Bisa banget dan sangat gampang. Saking gampangnya mungkin ada yang taskbarnya secara ajaib mendadak nangkring di atas dan akhirnya kelabakan nyari-nyari cara buat mengembalikan taskbar ke bawah.

Setidaknya ada 4 cara untuk memindah posisi taskbar Windows: melalui jendela Properties, Settings, utak-atik registry atau dengan cara drag and drop. Cara yang terakhir inilah yang paling simpel karena kita hanya perlu menyeret (drag and drop) taskbar ke posisi yang diinginkan.

Untuk memindah posisi taskbar dengan cara drag and drop, ada satu hal yang wajib dilakukan terlebih dulu, yaitu memastikan taskbar tidak sedang dalam kondisi terkunci. Caranya, cari ruang kosong di taskbar, lalu klik-kanan pada taskbar dan cari opsi "Lock the taskbar". Kalau opsi tersebut tercentang, artinya taskbar sedang terkunci sehingga tidak bisa digeser. Untuk menonaktifkan penguncian, klik pada opsi tersebut.

Setelah taskbar "terbebas", barulah taskbar bisa dipindah-pindah sesuka hati. Misalnya untuk menggeser dari atas ke bawah, cari ruang kosong di taskbar, klik ruang kosong tersebut lalu seret taskbar sampai mentok ke bawah. Nantinya taskbar akan dengan manisnya menyesuaikan dirinya di posisi barunya.



Setelah posisinya dipindah, jangan lupa untuk kembali mengunci taskbar agar tidak terpindah secara tidak sengaja. Klik-kanan pada taskbar, lalu klik pada opsi "Lock the taskbar".



Tidak ada komentar:

Posting Komentar