Cara Membuka Situs Yang Diblokir Sekaligus Irit Kuota

Situs favorit tidak bisa dibuka? Untuk membuka situs yang diblokir, ada banyak layanan proxy atau vpn yang bisa dipakai. Bahkan ada juga yang menyediakan fitur kompresi sehingga penggunanya dapat mengakses website yang diblokir sekaligus menghemat kuota.

Layanan tersebut sebenarnya ditujukan untuk membantu pengguna agar dapat menghemat kuota, namun bisa juga digunakan untuk menembus blokir seperti Internet Positif.

Dibuat oleh Google, layanan gratis tersebut dinamakan Google Data Saver. Aslinya hanya didesain untuk Google Chrome, tapi berhasil diaktifkan di Firefox setelah diutak-atik oleh 123arjunsuresh.

Android




Untuk Google Chrome di Android, Google Data Saver bisa diaktifkan melalui menu Settings -> Data Saver -> lalu pilih ON.

Untuk Firefox di Android, ekstensinya yang bernama Google DataSaver proxy for Firefox bisa diunduh dan diinstall dari sini.

PC dan Laptop




Untuk Google Chrome desktop (PC dan Laptop), Google Data Saver tersedia sebagai ekstensi yang bisa didownload dan diinstall dari sini. Ekstensi ini akan langsung aktif setelah terinstall sehingga pengguna bisa langsung mencoba membuka situs yang diblokir.

Untuk Firefox di PC dan Laptop, ekstensinya yang bernama Google DataSaver proxy for Firefox bisa diunduh dan diinstall dari sini.

Setelah diinstall, akan muncul sebuah icon baru di toolbar browser (untuk PC dan laptop). Kunjungi beberapa situs, lalu klik icon tersebut dan anda pun akan bisa melihat seberapa banyak kuota yang sudah dihemat.

Kekurangannya, Google Data Saver di browser Google Chrome tidak mendukung situs-situs berawalan https:// dan tidak bisa dijalankan dalam mode "incognito".

Sedangkan untuk Firefox, tidak mendukung situs-situs https tapi bisa dipakai di dalam mode "private".




Tidak ada komentar:

Posting Komentar