Mengatasi Masalah Terlalu Banyak Tab di Google Chrome & Vivaldi

Dari dulu sampai sekarang, saya terbiasa membuka banyak tab sekaligus. Tidak jarang tab yang terbuka mencapai hingga 30 tab lebih. Karena itulah, saya tidak pernah bisa lepas dari Tab Mix Plus (TMP) saat browsing di Firefox--TMP memiliki fitur multi-row tabs yang memungkinkan penggunanya untuk melihat lebih banyak tab.

Masalahnya, saya sudah beralih ke browser Vivaldi, dan TMP tidak tersedia untuk browser keren tersebut.

Setelah mencoba beberapa ekstensi, termasuk Sidewise Tree Style Tabs yang ternyata tidak kompatibel dengan Vivaldi, akhirnya saya putuskan untuk menggunakan OneTab.

Sebenarnya saya merasa was-was memakainya karena punya pengalaman buruk dengan ekstensi tersebut saat digunakan di Firefox, tapi ratingnya yang bagus di Chrome Web Store membuat saya berasumsi kalau OneTab berfungsi dengan baik di browser tersebut.

Fitur yang ditawarkan OneTab adalah kemampuan untuk mengalihkan tab menjadi daftar tab. Bahasa bulenya, convert tabs to list.

Daftar tab tersebut lalu disimpan, dan setiap tab yang termuat didalamnya bisa dipulihkan kembali hanya dengan sekali klik apabila dibutuhkan.



Misalkan saja ada 20 tab yang terbuka. Dengan mengklik icon OneTab pada toolbar browser, semua tab akan ditutup dan dimuat di dalam daftar yang kemudian tampil dalam tab tersendiri sehingga jendela browser tidak ikut tertutup.

Selain itu, pengguna juga bisa memilih tab-tab mana saja yang ingin disimpan ke dalam daftar.



Dengan One Tab, pengguna dapat menyingkirkan sementara tab-tab yang tidak begitu diperlukan untuk dibaca nanti dan sekaligus membantu mengurangi konsumsi memori.

Bagi saya, apa yang bisa dilakukan OneTab ini jauh lebih nyaman ketimbang menggunakan cara lainnya seperti Bookmark All Tabs.

OneTab | Chrome Web Store

Artikel terkait:
6 Cara Menghapus History di Google Chrome
Cara Reset Google Chrome ke Pengaturan Awal




Tidak ada komentar:

Posting Komentar