Cara Mengubah Susunan Prioritas Email di Gmail

Email yang belum terbaca sudah seharusnya selalu berada di posisi paling atas dalam inbox. Akan tetapi, settingan default Gmail membuat sebagian email tersebut terkadang tertimbun oleh pesan-pesan yang sudah dibaca.

Sebagai contoh, anggap saja ada lima pesan yang masuk, lalu kita memilih membaca pesan yang paling baru, yaitu yang datangnya paling belakangan. Setelah dibaca, pesan tersebut tidak akan bergeser dari tempatnya (sekalipun halaman sudah di-refresh) sehingga mengakibatkan keempat pesan lainnya tertindih.

Kalau keempat pesan tersebut terus-menerus terlewat, tinggal menunggu waktu sebelum akhirnya tidak akan terlihat lagi di halaman pertama inbox.

Untuk mengatasinya, dan juga untuk memenuhi selera pengguna yang berbeda-beda, Gmail menyediakan apa yang disebut sebagai Inbox Type yang terbagi menjadi lima mode:

1. Default
2. Important first
3. Unread first
4. Starred first
5. Priority Inbox

Untuk memastikan email yang belum tersentuh selalu tampil di urutan pertama, pilih Unread first.
Untuk memastikan email-email penting selalu tampil di atas meskipun sudah dibaca, pilih Important first.
Untuk memastikan email-email yang sudah ditandai selalu di posisi teratas, pilih Starred first
Untuk memberikan spot paling atas khusus buat email-email penting yang belum dibaca, pilih Priority Inbox.

Lalu bagaimana cara memilih mode yang diinginkan?

Caranya, arahkan mouse ke Inbox. Jangan klik apa-apa. Begitu kursor mouse berada di area Inbox, sebuah tombol kecil akan muncul dengan sendirinya.

Tombol ini sebenarnya merupakan sebuah menu drop-down yang jika diklik akan menampilkan kelima mode inbox yang kita cari-cari.



Setelah kelimanya muncul, klik mode yang diinginkan untuk merubah susunan prioritas email.

Selain dari cara tersebut, mode inbox juga bisa diakses melalui halaman settings Gmail. Di halaman itulah tersedia pilihan-pilihan ekstra untuk mengatur inbox sesuai selera. Misalnya, mengatur jumlah pesan yang tampil pada bagian Unread di halaman pertama.

Untuk lebih jelasnya, buka halaman Settings, lalu lihat menu Inbox. Nah, berikutnya utak-atik pilihan-pilihan yang ada didalamnya untuk mendapatkan tampilan inbox yang sesuai keinginan.

Artikel terkait: Cara Mengubah Bahasa di Gmail

Artikel bermanfaat lainnya: Cara Mengganti Password Gmail di PC/Laptop & Android




Tidak ada komentar:

Posting Komentar