Cara Cek Kuota Indihome

Bagaimana cara cek kuota Indihome? Pertanyaan ini muncul setelah Telkom menetapkan kebijakan FUP pada pelanggan dengan kecepatan minimal 10 Mbps. Sebuah kebijakan yang sukses membuat banyak pelanggannya mendadak galau :)

Batas yang ditentukan dalam FUP tersebut tergantung dari paket yang dipilih pelanggan. Misalnya, untuk paket internet dengan kecepatan 10 Mbps, FUP berlaku setelah 300 GB terlewati dalam satu bulan. Untuk paket dengan kecepatan 20 Mbps, FUP berlaku setelah 500 GB terlampaui dalam satu bulan.

Berapa besar kecepatan yang diturunkan? Lagi-lagi, tergantung dari jenis paket yang dipilih. Untuk mengetahui detail FUP masing-masing paket, silahkan baca pada artikel berikut: FUP Indihome Untuk Paket 10 Mbps Hingga 100 Mbps

Bagi pelanggan yang kerap mengunduh file berukuran besar, main game online, streaming video HD, apalagi bagi yang menyediakan jasa download, tentu saja kebijakan tersebut membuat hati gundah. Untuk memantau volume pemakaian, Telkom telah menyiapkan sebuah fitur khusus. Fitur ini bisa ditemui pada halaman situs resmi Indihome.

Cara Cek Kuota Indihome


Untuk mengeceknya, kunjungi situs Indihome.

Kemudian, klik menu "Usage Info" yang tertera di bagian atas.



Selanjutnya akan muncul form verifikasi. Pelanggan akan diminta untuk memasukkan sejumlah informasi seperti nama, nomor telepon rumah, nomor internet Indihome, email dan nomor ponsel. Semua data wajib diisi. Setelah semua diisi, klik tombol USAGE INFO di bawah form.



Pada tahap ini, informasi pemakaian dalam periode bulan yang sedang berjalan akan muncul.

CATATAN: Fitur pengecekan kuota hanya berlaku untuk pelanggan dengan paket minimal kecepatan 10 Mbps. Kebetulan paket saya di bawah 10 Mbps, jadi angka kuota yang muncul adalah 0 GB.



Fitur pengecekan kuota Indihome ini, menurut saya, cukup bikin repot. Pasalnya, setiap kali kita hendak mengecek, kita harus kembali mengisi semua data pada form verifikasi. Buat mengakalinya, gunakan ekstensi form filler yang bisa mengisi form tersebut secara otomatis.

Untuk pelanggan yang kecepatannya di bawah 10 Mbps, tentunya tidak perlu mengecek kuota karena paketnya tidak tersentuh oleh FUP, alias benar-benar unlimited tanpa batasan kuota. Tapi, bagi yang ingin mengetahui seberapa besar pemakaian kuotanya, bisa menggunakan aplikasi bandwidth monitoring seperti Glasswire atau Networx.

Kekurangannya, aplikasi-aplikasi bandwidth monitoring biasanya hanya bisa digunakan untuk memonitor satu perangkat komputer. Khusus untuk Networx memang bisa memonitor beberapa perangkat sekaligus, tapi hanya bisa memonitor pemakaian kuota yang dikonsumsi PC dan laptop.

Cara lain untuk mengecek pemakaian kuota adalah dengan memanfaatkan fitur bawaan router. Hasilnya lebih akurat ketimbang memakai aplikasi bandwidth monitoring. Pasalnya, semua koneksi dari perangkat apapun (laptop, smartphone, pc, tablet, dll) pasti akan melalui router. Dengan memonitor melalui router, pengguna bisa mengetahui kuota yang dikonsumsi dari semua jenis perangkat yang terhubung dengan jaringan internetnya.

Kabar buruknya, tidak semua router memiliki fitur tersebut. Pengguna harus menginstall firmware seperti DD-WRT, Tomato atau OpenWRT.



1 komentar:

  1. Sebetul nya gak repot sih..
    masukkan saja user kita di aplikasi myindihome atau di my.indihome.co.id
    terus klik menu paling kanan atas "Informasi" lalu klik aja "Info Bonus & Pemakaian"
    nanti akan muncul informasi kuota yang sudah kita gunakan.

    BalasHapus