Jangan Klik Pesan SMS Ini Jika Tidak Ingin Seluruh Data Android Lenyap

Berhati-hatilah dengan pesan SMS/MMS yang kamu terima karena bisa saja salah satu dari pesan tersebut dapat menghapus semua data yang ada dalam ponsel Android dan juga bisa menyedot pulsa habis-habisan.

Seperti yang dilansir dari Betanews, baru-baru ini diketemukan sebuah malware yang disebut Mazar Bot.

Malware sadis ini disebarkan melalui pesan SMS atau MMS yang berisi link ke sebuah APK, yang jika diklik akan meminta user untuk menginstall sebuah aplikasi bernama MMS Messaging.

Isi pesan tersebut adalah sebagai berikut:

" You have received a multimedia message from +[country code] [sender number] Follow the link http: //www.mmsforyou [.] Net / mms.apk to view the message"

Aplikasi tersebut, jika terinstall, akan mendapatkan hak admin dan dapat melakukan banyak hal tanpa seijin dan sepengetahuan pemilik HP, seperti:
  • Membaca SMS, yang artinya juga bisa mengintip kode autentikasi yang dikirim oleh bank sebagai bagian dari mekanisme verifikasi dua langkah
  • Menghubungi nomor kontak yang ada atau nomor-nomor premium sehingga dapat benar-benar menyedot pulsa
  • Menghapus data
  • Mengubah setting HP
  • Mengakses internet
  • Memonitor dan mengendalikan HP sesuka hati

Mazar Bot ini sebenarnya bukan barang baru, namun baru pertama kali inilah malware tersebut dilepas ke publik. Sebelumnya pergerakannya hanya sebatas dalam lingkup Dark Web. Uniknya, dalam beroperasi Mazar Bot akan memeriksa identitas pemilik HP dan akan menghentikan serangan jika ternyata pemiliknya seorang warga negara Rusia. Karena itulah Mazar Bot ditengarai didistribusikan oleh kelompok criminal cyber yang berbasis di Rusia.

Sumber: http://betanews.com/2016/02/15/mazar-bot-malware-can-root-and-wipe-android-smartphones/
Foto: www.elbpresse.de (Own work) [CC BY-SA 4.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0)], via Wikimedia Commons

Tidak ada komentar:

Posting Komentar