Cara Praktis Membuka Link di Tab Baru Dalam 1x Klik (Tanpa Klik Kanan)

Mengklik kanan sebuah link dan kemudian memilih opsi "Open link in new tab" adalah cara yang umum digunakan untuk membuka link di tab baru. Cara ini mungkin sudah cukup memadai untuk membuka satu link, tapi tidak lagi praktis ketika kamu hendak membuka beberapa link secara berantai dari sebuah halaman (misalnya link-link di Google Search atau foto-foto di sebuah album online).

Daripada klik kanan, coba kamu gunakan roda mouse untuk membuka link. Hanya dalam satu kali klik, link akan terbuka di background tab.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan kombinasi "Ctrl + klik kiri" (mengklik link dengan tombol kiri mouse sambil menekan tombol keyboard Ctrl).

Saya sendiri hampir selalu membuka link di tab baru dengan cara drag-and-drop. Berbeda halnya dengan kedua cara di atas, khusus untuk cara ini diperlukan bantuan sebuah add-on.

Add-on yang saya gunakan di browser Firefox adalah Super Drag.

Fitur-fitur yang ditawarkan Super Drag ini sederhana tapi benar-benar menunjang produktivitas. Hanya dengan drag and drop, saya bisa:
  • membuka link di tab baru
  • googling teks di tab baru
  • membuka gambar di tab baru
  • menyimpan gambar

Selain Super Drag, alternatifnya adalah menggunakan Fire Drag.

Fire Drag ini bisa digunakan untuk Firefox yang mengaktifkan e10s. Sayangnya ada satu kekurangan yang cukup fatal (bagi saya) dari add-on ini. Yaitu, link selalu terbuka di tab paling akhir.

Saya sangat sering membuka lebih dari 20 tab dalam satu sesi browsing. Kekurangan Fire Drag jadi terasa sangat merepotkan ketika saya membuka beberapa link dari sebuah tab yang posisinya di tengah-tengah. Setelah membaca isi link yang dibuka, kadang saya kesulitan mencari tab sumber di antara sekian banyak tab.

Sampai sekarang saya masih mencari-cari add-on yang memiliki fitur sama seperti Super Drag, setidaknya fitur yang memungkinkan saya untuk membuka link di tab baru dengan cara drag and drop. Mungkin ada yang bisa membantu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar