Kumpulan Cara Membuka Situs Yang Diblokir

Sejak Internet Positif menyerang, sangat banyak website yang tidak bisa dibuka. Tujuan pemblokiran tersebut sebenarnya baik, tapi sayangnya ada yang salah sasaran. Contohnya seperti Vimeo dan Reddit. Bahkan dulu Imgur pun juga sempat terkena blokir.

Untungnya, cukup banyak cara yang bisa digunakan untuk membuka situs yang diblokir, mulai dari menggunakan web proxy, ekstensi browser hingga mengganti DNS.

Web Proxy atau Google Translate


Beberapa web proxy yang tersedia secara gratis:

VPNBook
webproxy.ca
site2unblock
webproxy.to

Cara menggunakannya, cukup dengan memasukkan URL situs yang diinginkan di dalam kolom yang tersedia. Tekan Enter atau klik tombol GO dan situs yang tadinya terblokir pun akan bisa dinikmati dengan leluasa.

Sedangkan untuk Google Translate, cara menggunakannya untuk membuka situs yang diblokir bisa dibaca di sini

Menggunakan Ekstensi Browser


Hoxx VPN Proxy - Ada lebih dari 10 negara yang disediakan secara gratis. Tersedia untuk Google Chrome, Vivaldi dan Firefox. Catatan, anda harus registrasi untuk menggunakannya.

Zenmate - Mengharuskan penggunanya untuk registrasi terlebih dulu. Tersedia untuk Google Chrome, Vivaldi dan Firefox.

Hotspot Shield - Jagoan lama yang masih lumayan populer hingga kini. Tersedia untuk Google Chrome, Vivaldi dan Firefox.

Artikel terkait: Cara Menggunakan Hotspot Shield Lengkap Dengan Gambar

Anonymox - Sudah lama tidak diupdate untuk Firefox. Untuk pengguna Chrome dan Vivaldi, anonymox bisa dicomot dari sini. Cara menggunakannya bisa dibaca di bawah.


Menggunakan Browser Khusus


Cara lainnya yaitu dengan menggunakan browser Tor. Install browser dan kemudian langsung buka situs yang diblokir seperti biasa. Kelebihan dari cara ini terletak pada kepraktisannya, tapi kekurangannya ada sejumlah situs yang memblokir kunjungan dari browser Tor sehingga situs-situs tersebut tetap tidak dapat dibuka.

Menurut sebuah paper yang berjudul Do You See What I See? Differential Treatment of Anonymous Users, 3.67% dari 1,000 situs teratas di Alexa memblokir browser Tor.

Dari beberapa situs yang saya coba di browser Tor hampir semuanya bisa dibuka dan dua diantaranya adalah Reddit dan Vimeo.

Mengganti DNS


Bagi yang ingin mencoba DNS selain DNS Google, bisa menggunakan aplikasi DNS Jumper. Ada 45 DNS yang disediakan di dalam versi terbarunya (DNS Jumper 2.0). Dari yang saya baca-baca, ada beberapa pengguna Fastnet/First Media yang bisa menembus Internet Positif dengan DNS Comodo Secure. Cara lainnya bisa dengan mencoba DNSCrypt atau Simple DNSCrypt, tapi rasanya metode ini tidak cocok untuk semua kalangan karena lumayan ribet.

Artikel Terkait:
1. Cara Mengganti DNS di Windows
2. Cara Menggunakan DNS Jumper

3 komentar:

  1. antara zenmate dan anonymox bagusan mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saja, tapi seiring waktu bisa saja efektivitasnya berubah

      Hapus
  2. makasih gan infonya bermanfaat bgt kebetulan ane lg cari cara membuka situs yang diblokir

    BalasHapus