Cara Menggabungkan Foto dengan Photoscape

Jika sekedar ingin menggabungkan dua foto atau lebih secara berdampingan atau tegak lurus, kamu tidak perlu menggunakan Photoshop. Ada banyak cara lain yang lebih praktis untuk melakukannya dengan hasil yang tidak kalah bagusnya.

Bagi yang memiliki koneksi internet unlimited yang lumayan kencang atau kuota yang cukup besar, bisa menggunakan layanan online semacam Photo Joiner. Bagi yang tidak, bisa menggunakan aplikasi seperti Photoscape yang gratis.

Nah, berikut ini adalah panduan langkah-demi-langkah menggabungkan beberapa foto menjadi satu dengan Photoscape.
  1. Bagi yang belum punya, silahkan download aplikasinya dari sini. Lalu install dan jalankan.
  2. Cari dan klik tombol Combine
  3. Perhatikan dua kolom di sebelah kiri. Yang atas adalah susunan direktori, yang bawah adalah isi dari folder yang terpilih. Di kolom atas, carilah folder dimana kamu menyimpan foto-foto yang hendak digabungkan. Setelah ketemu, klik folder tersebut untuk menampilkan foto-fotonya di kolom bawah.

  4. Berikutnya, drag and drop (seret dan jatuhkan) foto-foto yang diinginkan ke kolom tengah.
  5. Secara otomatis foto-foto tersebut akan digabungkan dalam mode Down alias tegak lurus (vertikal). Ada dua mode lainnya yang bisa kamu pilih, yaitu Side (mendatar) dan Checker (kolom). Ketiga mode ini bisa ditemukan di kolom kanan. Sebagai contoh disini, kita akan menggunakan mode Checker dengan 2 kolom dan 2 baris.

  6. Setiap mode penggabungan memiliki opsi. Silahkan utak-atik seluruh opsi yang ada sesuai dengan keperluan. Misalnya, jika ingin memberi bingkai pada foto, klik tombol Frame (lihat gambar di atas) dan kemudian pilih salah satu bingkai.
  7. Setelah selesai mengutak-atik, klik tombol Save
  8. Beri nama, dan klik tombol Save
  9. Secara otomatis Photoscape menyimpan foto sebagai file JPG. Disini kamu akan diminta untuk menentukan kualitas foto JPG tersebut. Gerakkan tombol gesernya ke kiri/kanan sesuai dengan kualitas yang diinginkan, lalu tekan tombol OK. Selesai.

Catatan: Versi Photoscape pada saat artikel ini ditulis adalah Photoscape 3.7

1 komentar: