Cara Menampilkan Tombol Tutup Pada Tiap Tab di Firefox

Kalau kamu membuka tab di Firefox lebih dari jumlah tertentu, secara otomatis tombol tutup akan menghilang dari setiap tab kecuali pada tab yang sedang dilihat (foreground tab). Sebagian pengguna menyukai pengaturan tersebut karena dianggap bisa mencegah terjadinya 'kecelakaan'.

Seperti yang pastinya sudah kamu ketahui, ukuran tab akan semakin mengecil seiring bertambahnya jumlah tab yang muncul. Menciutnya ukuran tab tersebut dapat membuat kita secara tidak sengaja menekan tombol tutup saat hendak membuka tab yang diinginkan.

Di sisi lain, ada juga yang ingin tombol tutup selalu tampil di setiap tab. Dengan begitu mereka bisa menutup tab tanpa harus membukanya terlebih dulu. Memang bisa saja background tab ditutup tanpa harus dibuka, yaitu dengan mengklik-kanan tab dan memilih "Close Tab", tapi tetap dirasa kurang praktis.
Yang dimaksud foreground tab adalah tab yang sedang diakses, sedangkan background tab adalah tab lainnya yang sedang "nganggur"



Saya sendiri termasuk pengguna yang menginginkan tombol tutup selalu ada pada setiap tab. Untungnya, hal tersebut bisa diwujudkan tanpa harus menginstal add-on.

Agar Tombol Tutup Tampil di Setiap Tab Firefox


Untuk Firefox 55 (versi terbaru saat artikel ini di-update), cara ini sudah tidak mempan lagi

1. Ketik about:config di URL bar dan tekan ENTER


2. Abaikan pesan peringatan yang muncul dengan menekan tombol "I'll be careful, I promise"


3. Pada kolom Search, ketik clipwidth


4. Klik-kanan pada "browser.tabs.tabClipWidth" dan pilih "Modify"


5. Hapus angka 140 dan ganti dengan 0 (nol). Tekan OK.

6. Restart Firefox. SELESAI.

Mulai sekarang, seberapa pun banyaknya kamu membuka tab, tombol tutup akan selalu tampil di setiap tab. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar