Membuat Daftar File & Folder Lengkap dengan Search Box

Kebetulan kemarin saya perlu membuat list nama file dan folder untuk HDD eksternal. Setelah mencari-cari beberapa saat, akhirnya pilihan saya jatuh pada aplikasi yang satu ini. Gratis, tidak perlu diinstall, ringan dan cepat. Selain itu, yang paling menggoda dari aplikasi tersebut adalah hasil pembuatan daftar file-nya yang bisa dijelajahi seperti File Explorer di Windows. Berbeda sekali dengan sejumlah aplikasi sejenis lainnya yang hanya menampilkan list folder dan file secara apa adanya langsung dalam satu halaman.



Aplikasi yang bernama Snap2HTML ini punya tampilan antarmuka yang sangat to-the-point. Pengguna hanya perlu memasukkan jalur drive atau folder yang hendak di-list dan kemudian mengklik tombol "Create Snapshot". Selanjutnya pengguna diminta untuk menentukan lokasi penyimpanan sebelum proses listing dijalankan.


Katalog file dan folder kemudian akan disimpan dalam format HTML yang bisa dibuka dengan browser. Selain mudah dijelajahi, katalog juga dilengkapi dengan fungsi pencari. Ketik nama file di kotak search dan hasilnya pun akan langsung tampil tanpa perlu menekan Enter.

Desain katalognya juga bisa dirubah, tapi sayangnya hanya bisa dilakukan oleh pengguna yang menguasai HTML dan CSS.

Dalam katalog tersebut, selain size untuk masing-masing file, juga tertera total size untuk semua file yang bisa dilihat pada bagian atas.


Dari salah satu percobaan, Snap2HTML memproses lebih dari 100 ribu file pada drive yang berkapasitas 1.66 TB dalam waktu sekitar 10 menit. Dari awal hingga akhir prosesnya berjalan lancar dan tidak membuat komputer menjadi lemot meskipun digunakan sambil browsing.



Nama Aplikasi: Snap2HTML
Versi: 2.0
Kategori: Pengelolaan file
Halaman Download: Link
Size: 200 KB
OS: Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 / 8.1, Windows 10 (32-bit dan 64-bit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar