Cara Mudah Mengatur Aplikasi Startup di Windows

Aplikasi startup pasti membuat Windows lebih lama loading. Makin banyak aplikasi startup, makin lama pula loadingnya. Kalau Windows sudah terasa lelet saat loading, salah satu cara yang disarankan untuk kembali mempercepat startup adalah dengan mengecek daftar aplikasi startup. Alasannya, ada sejumlah aplikasi yang, setelah diinstall, berjalan secara otomatis saat startup tanpa seijin pengguna.

Untuk mengatasinya, Windows menyediakan fitur manajemen startup. Sayangnya fitur tersebut hanya bisa mengaktifkan dan menonaktifkan aplikasi startup. Sedangkan untuk menghapus, kita harus melakukannya melalui folder Startup atau melalui Registry.

Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menggunakan program pihak ketiga seperti CCleaner. Dengan aplikasi yang rajin diupdate tersebut, pengguna bisa mengaktifkan, mematikan dan sekaligus menghapus aplikasi startup.

Download CCleaner dari sini, pilih yang portabel agar tidak perlu install.

startup

1. Jalankan CCleaner, klik "Tools" di panel sebelah kiri.

2. Klik "Startup".

3. Klik-kanan pada aplikasi startup yang ingin dinonaktifkan atau dihapus, lalu klik pada pilihan yang sesuai.

CCleaner bisa langsung ditutup setelah selesai mengatur aplikasi startup.

Ada sejumlah aplikasi yang menyediakan opsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan dirinya saat startup, tapi menggunakan CCleaner untuk melakukannya akan terasa lebih mudah karena tidak perlu menjelajahi isi menu aplikasi terkait untuk menemukan opsi startup tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar