Cara Mengaktifkan & Menggunakan Password Generator di Google Chrome

Advertisement


Malas bikin password? Aktifkan saja password generator yang sudah ada di Google Chrome. Setelah diaktifkan, hanya perlu 1 - 2 kali klik (tergantung dari tipe generator yang dipilih) untuk membuat sebuah password yang kuat.

Ada dua tipe password generator yang ditawarkan Google Chrome, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya, yaitu: auto dan manual password generator.

Perhatian: Artikel ini ditulis saat Google Chrome menginjak versi 54.0.2840.87

Cara Mengaktifkan & Menggunakan Automatic Password Generator


1. Pastikan browser sudah tersinkronisasi dengan akun Google. Kalau belum, ketik chrome://settings di address bar dan tekan Enter. Setelah halaman Settings terbuka, klik tombol Sign in to Chrome dan kemudian login ke akun Google seperti biasa.



2. Ketik chrome://flags di address bar, lalu tekan Enter.



3. Tekan Ctrl + F untuk membuka kotak pencarian, lalu cari Password generation.

4. Rubah status Password generation tersebut dari Default menjadi Enabled.

5. Klik tombol Relaunch Now yang muncul di bawah untuk merestart browser.



Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, password generator bawaan Google Chrome seharusnya sudah aktif. Setiap kali browser mendeteksi kolom password di sebuah halaman registrasi, secara otomatis password akan dibuat yang akan ditampilkan dalam menu drop-down ketika pengguna mengklik kolom tersebut.

Sebagai contoh, buka halaman Sign up di twitter.com. Kemudian, klik sekali saja di kolom password. Hasilnya akan seperti berikut ini:



Selanjutnya kita bisa mengklik password yang dibuat tersebut untuk mengisikannya ke dalam kolom. Nantinya password tersebut akan disimpan di dalam browser Google Chrome secara otomatis.

Manual Password Generation


Metode ini membutuhkan sedikit intervensi dari user untuk membuat password. Kelebihannya, kita tidak perlu sign in ke akun Google.

Untuk mengaktifkan fitur ini caranya sama seperti di atas kecuali untuk langkah nomor 3 (tekan Ctrl + F lalu cari Manual password generation). Jangan lupa untuk merestart browser sesudahnya.


Untuk menggunakannya, coba buka halaman registrasi Twitter, lalu klik-kanan pada kolom password. Berikutnya, klik Generate password (lihat gambar di atas) dan kemudian klik pada password yang dibuat tersebut untuk mengisikannya ke dalam kolom.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar untuk Cara Mengaktifkan & Menggunakan Password Generator di Google Chrome