Cara Memotong Foto di PC/Laptop Tanpa Mengurangi Kualitas (Lossless Crop)

Advertisement


Setiap kali sebuah foto atau gambar (JPG) dipotong dan disimpan, saat itu pulalah kualitas foto juga ikut berkurang. Untuk meminimalkan penurunan kualitas, kita bisa memanfaatkan fitur lossless crop yang dimiliki oleh FastStone Image Viewer. Dengan fitur tersebut, foto bisa dipotong (crop) tanpa harus melakukan re-encoding.

Untuk memulai memotong foto, download FastStone Image Viewer terlebih dulu dari link berikut:

Download: FSViewer59.zip
Halaman download: http://www.faststone.org/FSViewerDownload.htm

Aplikasi ini tidak perlu diinstall. Setelah zipnya diekstrak, aplikasi bisa langsung dijalankan.

Cara Memotong Foto Tanpa Merusak Kualitas


1. Jalankan aplikasi, cari dan klik gambar yang ingin dipotong, lalu tekan tombol X pada keyboard untuk membuka jendela pemotongan. Jika tombol shortcut X tidak berfungsi karena alasan tertentu, klik menu "Edit" di bagian atas lalu klik "Crop Board".


2. Setelah jendela pemotongan terbuka, tekan dan tahan tombol kiri mouse, lalu gerakkan kursor mouse hingga meliputi area gambar yang hendak dipotong.


3. Klik tombol Lossless Crop to File yang terletak di kanan bawah.


4. Pada tahap ini kotak dialog Save As akan muncul. Secara otomatis hasil pemotongan akan dinamai persis seperti foto originalnya namun dengan tambahan berupa akhiran "_cr" sehingga bisa langsung disimpan sebagai file baru (foto original tidak akan terhapus).

Cara Memotong Gambar Berdasarkan Ukuran Tertentu


Jika ingin memotong foto berdasarkan ukuran lebar dan tinggi yang spesifik, caranya seperti berikut:

1. Ulangi langkah nomor 1 di atas untuk membuka jendela pemotongan, lalu masukkan ukuran yang diinginkan pada kolom lebar dan tinggi yang terletak di kiri bawah.


2. Letakkan kursor di tengah area pemotongan, lalu geser area ke bagian foto yang ingin dipotong, dan berikutnya klik tombol Lossless crop to File untuk menyimpan hasilnya.

Ada sejumlah aplikasi lainnya yang juga bisa memotong foto secara lossless, tapi saya memilih FastStone Image Viewer karena cara kerjanya yang memudahkan pengguna dalam memotong beberapa foto yang terletak dalam sebuah folder. Begitu sebuah foto selesai dipotong, foto berikutnya akan ditampilkan sehingga pengguna bisa terus melakukan pemotongan tanpa harus memasukkan foto ke dalam aplikasi satu-persatu.

Selain dapat memotong foto satu-persatu, FastStone Image Viewer juga bisa memotong banyak foto sekaligus. Kemampuan ini sangat membantu ketika kita memiliki serangkaian foto yang isinya senada, mirip atau deretan foto yang sambung-menyambung (misalnya foto-foto yang diambil secara burst).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar untuk Cara Memotong Foto di PC/Laptop Tanpa Mengurangi Kualitas (Lossless Crop)