Cara Blokir Animasi Gif di Browser

Tidak semua pengguna menyukai animasi GIF di internet, apalagi yang koneksi internetnya pas-pasan. Animasi GIF bisa bikin loading halaman jadi lebih lambat dan dalam skala tertentu dapat membuat browser menjadi lemot.

Untuk memblokir animasi GIF atau gambar bergerak, caranya tergantung dari browser yang dipakai. Untuk browser Firefox, bisa menggunakan fitur bawaan atau menginstall ekstensi. Sedangkan untuk Google Chrome dan Vivaldi, untuk saat ini solusi yang tersedia hanyalah ekstensi.

Catatan, yang dimaksud "memblokir" disini hanyalah memblokir animasinya saja, sedangkan gambarnya masih tetap tampil. Saat pemblokiran diaktifkan, yang ditampilkan di browser nantinya adalah frame atau gambar pertama dari animasi tersebut dalam kondisi statis (tidak bergerak).

Google Chrome & Vivaldi

Install Gif Jam dari sini, lalu buka halaman web apapun yang ada animasi GIFnya. Untuk halaman web yang sedang terbuka saat ekstensi tersebut diinstall, pastikan untuk mereloadnya terlebih dulu.

Jika saat browsing menemukan halaman web yang animasi GIFnya kelihatan menarik, klik tombol Gif Jam di toolbar browser hingga icon kotaknya berubah menjadi icon play, lalu reload halaman untuk menampilkan animasi tersebut.

Catatan: Ekstensi ini mungkin tidak akan berfungsi untuk situs-situs tertentu.


Firefox

A. Untuk memblokir animasi GIF dengan fitur bawaan Firefox, caranya:

1. Buka browser, ketik about:config di URL bar, lalu tekan Enter.
2. Muncul halaman dengan pesan "This might void your warranty!". Abaikan dengan menekan tombol I accept the risk!
3. Di kolom Search, ketik "image.animation_mode" (tanpa tanda kutip)
4. Klik-kanan pada entri yang muncul lalu pilih "Modify"



5. Di dalam kotak dialog yang muncul, ketik "none".



6. Klik [OK], lalu restart browser.

Untuk menampilkan animasi GIF seperti sediakala, ulangi prosedur di atas dari nomor 1 - 4 dan rubah "none" kembali menjadi "normal". Jangan lupa restart browser untuk mengaktifkan pilihan tersebut.


B. Untuk memblokir animasi GIF dengan ekstensi di Firefox, salah satunya yang bisa digunakan adalah Toggle animated GIFs.

1. Install Toggle animated GIFs dari sini.
2. Restart browser.
3. Buka halaman add-on Firefox dan cari Toggle animated GIFs. Setelah ketemu, klik tombol [Options] disampingnya, lalu centangi opsi "Pause GIFs by default"



Ada banyak kelebihan ekstensi ini dibandingkan menggunakan fitur bawaan Firefox, salah satunya yaitu adanya whitelist yang memungkinkan pengguna untuk memblokir animasi GIF di semua situs kecuali untuk situs-situs tertentu sesuai dengan yang diinginkan. Caranya:

1. Buka halaman Options untuk Toggle animated GIFs di halaman add-on Firefox.
2. Cari kolom "override that setting for these sites", lalu ketikkan nama situs yang diinginkan didalamnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar