Mengatasi Firefox Yang Hanya Bisa Dibuka Administrator

Setelah menggunakan Firefox selama bertahun-tahun, kasus ini baru pertama kali terjadi pada diri saya tadi malam. Entah kenapa Firefox mendadak tidak bisa dijalankan. Prosesnya muncul di Task Manager tapi jendelanya tidak muncul. Ketika saya mencoba menjalankannya dengan "Run as administrator" barulah Firefox bisa terbuka.

Saya coba lagi membukanya tanpa menjadi admin tapi kali ini dalam safe mode. Buat yang mungkin masih belum tahu, Firefox punya safe mode yang bisa diaktifkan baik dari dalam maupun dari luar browser. Hasilnya, tetap gagal.

Berikutnya saya buka folder profil Firefox dan menghilangkan tanda centang pada bagian "Read only" dipropertinya, masih gagal.

Akhirnya saya ambil jalan pintas. Yaitu, reinstall (uninstall, membersihkan registry, install). Eh, ternyata tetap saja tidak bisa.

Karena bingung saya hampir saja membuat akun user baru di Windows hanya demi untuk melihat apakah Firefox juga akan bertingkah sama. Untungnya saya teringat masih ada satu cara lagi yang bisa dipakai, yaitu dengan membuat profil baru di Firefox.

Tekan Ctrl + R untuk menampilkan kotak dialog Run, lalu ketik "firefox.exe -p" (tanpa tanda kutip). Kemudian buat profil baru dan jalankan profil tersebut.



Ternyata, cara terakhir ini berhasil.

Yang perlu saya lakukan selanjutnya hanyalah mengimpor bookmark dan history dari profil lama yang corrupt tersebut, yang disusul dengan memulihkan (restore) semua ekstensi dari file backup yang sudah tersedia.

Nah, kalau di antara anda ada yang mengalami kasus serupa, coba saja langsung membuat dan menjalankan profil baru di Firefox.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar