Cara Download Gambar Dalam 1x Klik di Laptop/PC dengan Google Chrome

Advertisement

Google Chrome menyediakan berbagai ekstensi untuk mempermudah aktivitas browsing, termasuk diantaranya yaitu ekstensi untuk mengunduh gambar dari internet hanya dalam 1x klik. Sekali klik dan gambar akan langsung tersimpan di dalam folder.

Sebelum menginstall ekstensi tersebut, ada satu hal yang harus dipastikan terlebih dulu.

Buka halaman Settings, ketik save each di kotak search untuk menampilkan opsi Download secara instan. Berikutnya, lihat pilihan "Ask where to save each file before downloading". Jika pilihan tersebut dalam keadaan aktif, klik untuk mematikannya.



Jangan lupa untuk memilih folder yang akan digunakan untuk menyimpan semua gambar yang hendak didownload.

Setelah itu, install Click and Save dari halaman ini.

Sesudah diinstall, akan muncul icon baru di toolbar browser. Klik kanan pada icon tersebut dan pilih Options.

Di halaman Options ekstensi yang kini terbuka, geser halaman ke bawah untuk mencari pilihan "autosave single image tab (a tab with only a single image) //regardless of save onLoad or off"



Fungsi dari pilihan tersebut adalah untuk menyimpan gambar secara otomatis, tapi khusus untuk tab yang hanya memuat gambar. Jadi begitu kamu membuka tab yang berisikan hanya satu gambar secara utuh, gambar tersebut akan didownload secara otomatis.

Kalau merasa terganggu dengan fitur auto save tersebut, hilangkan tanda centang untuk mematikannya.

Lalu bagaimana caranya download gambar dalam satu kali klik? Setelah menginstall Click and Save, akan muncul sebuah tombol Save di ujung kiri atas pada hampir setiap gambar yang kamu buka di Google Chrome. Saya katakan "hampir" karena ekstensi ini tidak berfungsi untuk beberapa situs seperti Instagram (Baca Cara Menyimpan Foto dari Instagram di Laptop/PC Tanpa Atau Dengan Aplikasi)

Untuk mengunduh gambar, klik pada tombol tersebut dan gambar pun akan langsung tersimpan di folder pilihan kamu.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar untuk Cara Download Gambar Dalam 1x Klik di Laptop/PC dengan Google Chrome