6 Cara Screenshot di Laptop/PC Tanpa Install Aplikasi Lain

Tutorial ini mengulas beberapa cara screenshot dengan menggunakan fitur print screen yang sudah tersedia di dalam komputer.

Sebagian cara di bawah ini digunakan untuk screenshot layar secara utuh, sedangkan lainnya untuk screenshot area-area tertentu pada layar. Penasaran? Yuk kita mulai.

Ambil Screenshot dengan Fitur Bawaan


Catatan: Pada beberapa keyboard, tombol Print Screen tidak selalu dinamai Print Screen, ada juga yang namanya PRTSC SYSRQ, Print Scr, PrtScn atau PrtSc. Jadi sesuaikanlah cara-cara berikut ini menurut keyboard masing-masing.

1. Print Screen


Dalam metode ini, screenshot yang dihasilkan berupa tampilan layar secara utuh.

Tekan tombol Print Screen (atau Fn + PrtScn). Setelah ditekan, screenshot akan tersimpan di dalam memori komputer. Untuk menampilkan dan menyimpannya, kamu harus paste screenshot tersebut di editor gambar (misalnya, Paint). Selain itu screenshot juga bisa dipaste ke aplikasi office seperti Microsoft Word atau LibreOffice Writer.

Untuk keyboard yang memiliki tombol Fn, kemungkinan cara print screennya berbeda. Coba cek disini.

Metode Print Screen ini bisa dilakukan di Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.




2. Alt + Print Screen


Kombinasi tombol ini akan menghasilkan screenshot dari jendela yang sedang aktif.

Caranya sama seperti di atas. Tekan Alt + Print Screen (atau Fn + Alt + Screen), lalu paste di editor gambar seperti Paint untuk kemudian disimpan.

Metode ini bisa dilakukan di Windows 7, Windows 8 dan Windows 10.




3. Logo Windows + Print Screen


Mungkin metode inilah yang paling praktis. Disini kamu hanya perlu menekan tombol logo Windows + Print Screen, lalu screenshot akan otomatis disimpan di dalam folder. Tidak perlu di-paste lagi.

Saat screenshot diambil, layar akan berkedip. Setelah itu screenshotnya bisa kamu cek di folder Pictures > Screenshots.

Cara ini hanya berlaku di Windows 10 dan 8.

Kalau layar tidak berkedip, mungkin ada yang sudah mengutak-ngatik efek visual Windows. Supaya berkedip, buka System di control panel > Advanced system settings > tab Advanced > Settings pada bagian Performance > Centangi "Animate windows when minimizing and maximizing" > OK.




4. Logo Windows + Shift + S


Yang satu ini merupakan fitur region capture yang baru di Windows 10 (pada saat artikel ini dibuat). Setelah shortcut ditekan, layar akan sedikit memutih dan panah mouse berubah menjadi tanda plus. Tahan tombol kiri mouse lalu seret untuk mengambil screenshot. Hasilnya langsung tersimpan di folder Pictures > Screenshot.




5. Snipping Tool




Aplikasi bawaan ini bisa ditemui di Windows 7, 8 dan 10. Cara mengambil screenshotnya lebih bebas karena menyediakan 4 mode capture. Plus, ada editornya untuk memberi anotasi pada screenshot.

Snipping Tool bisa dicari melalui fitur search di Windows.




6. Game Bar




Sesuai namanya, aplikasi ini ditujukan untuk mengambil screenshot dari game yang sedang dimainkan. Juga bisa dipakai untuk merekam game. Fitur ini sudah ada sejak Windows 10 Creators Update.

Biasanya Game Bar ini muncul secara otomatis ketika mendeteksi game. Kalau tidak muncul, tekan Ctrl + G. Lalu centangi "Yes, this is a game".

Setelah itu, tekan tombol logo Windows + Alt + Print Screen untuk mengambil screenshot. Hasilnya akan langsung disimpan di folder Videos > Captures.




Untuk keyboard yang memiliki tombol FN


Cara-cara di atas bisa bekerja dengan baik pada keyboard PC, tapi mungkin tidak untuk keyboard mini atau keyboard laptop tertentu. Kalau kasusnya seperti itu, coba gunakan shortcut berikut ini:
  • Fn + PrtScn untuk mengambil full screenshot yang kemudian di-paste ke editor gambar.
  • Fn + Alt + PrtScn untuk mengambil screenshot dari layar jendela yang sedang aktif.
  • Fn + Windows + PrtScn untuk mengambil full screen yang langsung tersimpan di folder Pictures > Screenshot.




Untuk keyboard Microsoft Surface Pro


Punya keyboard Microsoft Surface Pro yang tidak disertai tombol print screen?
  • Tekan Fn + Windows + Spasi - Layar meredup sebentar saat mengambil screenshot. Hasilnya langsung disimpan di folder Pictures > Screenshots.
  • Fn + Spasi - Screenshot disimpan ke clipboard sehingga perlu di-paste ke editor gambar untuk menyimpannya.
  • Fn + Alt + Spasi - Untuk mengambil screenshot dari jendela yang aktif. Screenshot perlu di-paste untuk menyimpannya.
  • Tekan tombol Power + Volume Up.
  • Tombol logo Windows + Volume Down.
  • Pakai snipping tool - Klik tombol New untuk mengambil screenshot.

Sekedar saran, kalau nantinya ternyata sering membuat screenshot, pertimbangkan untuk menggunakan aplikasi screenshot yang bukan bawaan Windows. Banyak aplikasi lainnya yang punya fitur lebih banyak, mudah digunakan dan ringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar