Cara Mengunci Folder dan File Dengan Password di Windows

Kita bisa mengunci folder yang berisikan file-file penting atau pribadi untuk mencegah orang lain membukanya. Selain dengan memasang password, kita juga bisa sekaligus menyembunyikan folder tersebut.

Setidaknya ada dua cara untuk melindungi folder dengan password. Yaitu dengan atau tanpa menggunakan software tambahan. Khusus untuk yang tanpa software sudah banyak sekali dibahas di blog-blog lainnya. Umumnya metode mengunci folder tanpa software tersebut melibatkan script tertentu.

Dalam artikel ini, saya memilih untuk menggunakan aplikasi pengunci folder gratisan, yaitu Winmend Folder Hidden. Aplikasi ini mampu mengunci folder dan file di hard drive dan USB drive. Cara penggunaannya sangat mudah.

Cara Mengunci Folder


Download aplikasi pengunci folder Winmend Folder Hidden dari sini.

Install dan kemudian jalankan aplikasi.

Saat pertama kali dijalankan, aplikasi akan meminta anda untuk membuat password login. Ketik password yang diinginkan lalu klik OK.


Di dalam aplikasi, klik Hide Folder untuk menyembunyikan/mengunci folder dan Hide File untuk menyembunyikan/mengunci file.


Catatan: Folder/File yang disembunyikan hanya akan bisa dibuka melalui aplikasi Winmend Folder Hidden yang diproteksi dengan password login.

Cara Membuka Folder Yang Dikunci


Jalankan aplikasi Winmend Folder Hidden.

Masukkan password login dan klik OK.


Selanjutnya, pilih folder yang ingin dibuka, lalu klik Unhide.

Catatan: Jangan lupa untuk kembali mengunci folder tersebut sebelum menutup aplikasi. Caranya, klik folder di dalam aplikasi Winmend, lalu klik tombol Set to hide.

Hal yang perlu diingat ketika mengunci folder dan file

  1. Tidak ada folder dan file yang benar-benar terproteksi 100%. Apapun metode yang anda gunakan, selalu ada cara untuk membobolnya. Namun demikian, aplikasi di atas sudah cukup untuk keperluan proteksi bagi pengguna rumahan (home user). Jika folder atau file anda benar-benar berisi dokumen yang sensitif, kami sarankan untuk menggunakan aplikasi komersil. Tapi kalau memang anda ingin yang gratisan, silahkan mencoba aplikasi enkripsi semacam Veracrypt atau AxCrypt.
  2. Jangan sampai kehilangan password login anda! Kalau anda takut lupa, catat password di tempat tersembunyi dengan cara tertentu sehingga orang lain akan kesulitan untuk mengetahui password yang sebenarnya (jika catatan anda jatuh ke tangan orang lain).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar