IDM Tidak Muncul di YouTube? Cara Menampilkan IDM di YouTube Untuk Firefox & Chrome

IDM tidak muncul di Youtube? Ada beberapa cara untuk menampilkan IDM di YouTube. Selain itu ada juga solusi alternatifnya yang layak dijadikan sebagai pengganti atau pelengkap IDM. Yuk lanjut bacanya.

Kenapa tombol IDM tidak tampil saat video diputar? Tombol IDM yang mendadak hilang di YouTube biasanya disebabkan oleh perubahan versi browser (contohnya, dari Firefox 40 menjadi 41 atau dari Chrome 44 ke 45) atau perubahan pada situs YouTube itu sendiri.

Demi menyesuaikan diri dengan berbagai perubahan versi browser, IDM terus melakukan update secara berkala. Dan sejak Firefox menginjak versi 40, IDM mengganti add-on lamanya dengan yang baru (informasi ini diambil dari situs resmi IDM pada Oktober 2015). Nama add-on IDM yang lama adalah "IDM CC", sedangkan yang baru adalah "IDM Integration Module".

idm cc diganti idm integration

Kalau kita update ke Firefox terbaru (saat ini Firefox 66.0.1), sementara IDM yang dipakai masih versi lawas, kemungkinan besar kita akan menemui beberapa masalah pada IDM. Salah satu kemungkinannya adalah hilangnya tombol download IDM di YouTube.

Karena itulah yang pertama-tama harus dilakukan yaitu memastikan IDM yang terinstall adalah versi yang terbaru. Kalau masih versi yang lama, silahkan update IDM terlebih dulu.

Jika setelah diupdate ternyata IDM masih belum muncul di Youtube, coba lakukan langkah-langkah berikut ini:

Untuk Firefox

1. Ketik about:addons di address bar dan tekan Enter untuk membuka jendela ekstensi Firefox.
2. Cari ekstensi IDM Integration Module lalu klik tombol Enable.

Untuk Chrome

1. Ketik chrome://extensions di address bar dan tekan Enter untuk membuka jendela ekstensi.
2. Cari ekstensi IDM Integration Module lalu klik tombol geser hingga warnanya menjadi biru yang menandakan ekstensi sudah aktif.

Catatan: Jika ekstensi IDM di Chrome tidak ada, cek cara integrasinya disini.

Nah, sekarang coba buka Youtube dan cek apakah tombol IDM sudah muncul.

idm muncul di youtube

Kalau IDM tetap belum muncul masih ada langkah-langkah lain yang bisa dicoba, yaitu seperti berikut:

1. Buka jendela Options di IDM, lalu pastikan opsi "use advanced browser integration" sudah tercentang. Pastikan juga browser yang dipakai statusnya sudah tercentang.

2. Selanjutnya, klik tombol Edit yang paling bawah, cari opsi "Don't capture downloads from web-players automatically" dan pastikan kondisinya tidak tercentang.

3. Klik OK.


Alternatif IDM

Pakai saja 4k Video Downloader. Aplikasi gratisan ini tidak memiliki fitur deteksi otomatis tapi kamu bisa menyalin URL video untuk dipaste kedalamnya. Selain itu ada beberapa kelebihan lainnya seperti kemampuan untuk resume download dan menampilkan thumbnail video yang sedang dan sudah diunduh.

Masih banyak alternatif lainnya mulai dari situs untuk download video, ekstensi, hingga script dari Greasyfork. Nanti deh kapan-kapan saya update lagi kalau sempat :)

Demikianlah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi IDM yang tidak muncul di YouTube. Semoga membantu.

2 komentar: